Sejarah dan Pengertian Animasi di Indoensia


Sejarah Animasi di Indonesia

Animasi sendiri berasalkan kita dari Animation yang mempunyai kata dasar nya yaitu anime dan diserap ke dalam bahasa indonesia sendiri yang artinya menghidupkan. Dibudaya Indonesia sendiri tepat nya pada 4 sampai dengan 3 juta bertahun tahun yang silam telah ditemukannya sejarah bahkan bisa dibilang peradaban budaya di Indonesia banyak ditemukan lukisan lukisan animasi. Dengan demikian banyak diakui dan dibuktikan oleh para ahli di Indonesia bahkan ketemukannya lukisan lukisan di Gua Leang-leang (Sulawesi),Kalimantan Timur, terdapat juga didalam gua gua yang masih bersih dan belum banyak tersentuh oleh tangan tangan manusia seperti di daerah Papua. Wayan sendiri atau sering disebut dengan wayang kulit ternyata salah satu bukti sejarah seni zaman dahulu banyak fungsi nya bisa digunakan untuk acara pernikahan, ada juga sebagai pelopor film bahkan wayang sendiri digunakan dalam dakwah islam pada zaman nya.

Gambar Wayang kulit
Wayang kulit sendiri bisa disebut sebagai animasi karena dari objek ini seakan akan mempunyai karakter tersendiri bisa berbica, makan berkeluarga bahakan wayang sendiri pun mempunyai keturuanan seperti layak nya kehidupan di dunia nyata. Lotte Reineger dari jerman sendiri kagum dengan wayang kulit yang terdapat di daerah jawa tersebut dan mulai mengembangkan nya pada tahun 1919. Karena wayang kuli sendiri seing dianggap sebagai mainan kuno atau mainan orang zaman dahulu sehingga oleh kaum milenial sendiri pun sering dihapus dan dilupakan bahkan kemungkinan dari kaum mileniaal sendiri pun masih banyak yang belum tahu apa itu wayang kulit. Di negara lain pun banyak yang mengclaim bahwasanya kesenian tradisional ini milik dari bangsanya sendiri.

Pada Sejarah nya sendiri animasi di Indonesia dimulai dengan diketemukannya Cave Pinting yang eksis dengan cerita binatang binatang yang hidup dan dimainkan lanyak nya binaatang sungguhakan bahkan terdapat juga hal-hal yang berbau mistis. Pada tahun 1933 an di Indonesia masih banyak terdapat brosur-brosur,majalah bahkan di koran lokal yang memuatkan iklan Walt Disney.

Presiden Soekarno

Selanjutnya, pada tahun 1955 karena haus nya dengan kesenian atau budaya asing Presiden RI pertama yaitu Presiden Soekarno mengirimkan seseorang yang bernama Dukut Hendronoto atau sering dikenal dengan Pak Ook pada masanya, untuk belajar dan mendalami animasi di tempat Studio Walt Disney itu sendiri. Hanya selang beberapa bulan tepat nya 3 bulan kemudian Dukut Hendronoto kembali lagi ketanah air dan akan mulai menerapkan hasil belajar nya selama beberapa bulan kemarin.
Dukut Hendronoto

Selang beberapa pekan munculah animasi yang sering dikenal oleh masyrakata “Si Doel Memilih”. Karena kurang nya teknologi dizaman tersebut hanya bisa diterapkan di animasi 2 dimensi. Animai ini pun hanya berisi tentang kampanye-kampanye. Dari inilah nantinya animai sejarah di Indonesia meulai berkembang dengan pesat dan antusias oleh sastrawan ataupun kahlangan umum.

Animasi SiDoel

Ditahun 1963 Dukut Hendronoto yang sering dipanggil  (Pak Ook) mulai bergabung dengan salah satu stasiun TV pertama di Indonesia yaitu TVRI singkatan dari Televisi Republik Indonesia. Ini menjadi juga bahwa TVRI salah satu stasiun televisi di Indonesia yang menampilkan Animasi sederahana. Di TVRI inilah mulai berkembang dan di jadikan tolak ukur oleh stasiun TV lainnya nantinya. Namun karena ada unsur yang mengandung unsur sara dan sering dianggap oleh masyarakat Indonesia terlalu Konsumtif maka animasi ini diberhentikan. Pada tahun 1970 Stasiun ini akhrinya mulai menanyangkan beberapa film buatan dari Walf Disney dan juga film dari HannaBarbera. Ditahu yang sama lahir jgua Policy baru yang menanyangkan film hanya berupa iklan di TVRI yang akan membentuk program berup film yang berjudul “Mana Suk Siaran Niaga”. Pada tahun itulah animasi iklan mulai terknekal dan tersorot didalam bahkan kedalam luar negeri.


Pak Raden Animator pertama diIndoneisa

Pada tahun 1970-an munculah studio creator animasi berlokasikan di Jakarta yang bernama studio Anima Indah pendirinya oleh orang luar negeri asal warga kenegaraan Amerika. Anima Indah sendiri telah banyak menyekolahkan anak buah nya bahkan kru kru nya keluar negeri untuk  belajar animasi lebih dalam lagi seperti ke Jepang, Amerika dan lain-lain. Studio inipun telah berkembang sangat pesat pada tahun nya tetapi animaasi ini hanya tampil di televisi yang berupa iklan iklan saja.  Pada tahun ini juga banyak industri-industri perfilman yang menggunakan dan memakai kamera dengan tipe seluloid 8mm, dikarenkan film dan animasi berkembanga sangat pesat maka munculnya festival film. Pada festival inilah nantinya ditanyangkan animaasi Batu Setahun, Trondolo, Timun Mas yang di sutradarai oleh Surya alias Pak Raden (Animator Indoneisa Pertama).


Film animasi

Era 80-an sering dibilang sebagai tahun nya animasi Indonesia muncul beberapa film animasi yaitu “SI Anak Rimba”. Wagiono Sunarto yang mensutradarai dibuat atas kolaborasi dari “Si Huma” yang diciptakan oleh PPFN yang menjadi serial televisi anak untuk pertama kalinya. Hal ini juga ditandai juga dengan lahirnya Industri animator lokal pada tahun 1980-1990an yaitu studio animasi seperti Asiana Wang Animator yang bekerja sama dengan Wang Fim Animation,Evergreen,Marsa Juwita Indah,Red Rocket Animation Studio berlokasikan di bandung,adapun di Yogyakarta yaitu Bening Studio dan di daera Tegal sendiri ada kartun juga.


Animasi 3 dimensi timun mas

 Pada tahun 1990an juga sudah banyak dan berkembangnya film animasi diantaranya adalah animasi “Legenda Buriswara,Nariswandi Piliang,Satria Nusantara” yang menggunakan kamera dengan seluloid 35 mm. Selang beberapa pekan munculah animasi 3 Dimensi untuk pertama kalinya yang bernama “Hela,Heli,Helo” yang di buat di lokasi daerah Surabaya. Berselang beberapa tahun tepatnya tahun 1998an bermunculan animasi-animasi yang berceritakan cerita rakyat seperti bawang merah dan bawang putih, Timun Mas dan juga pertualangan dari si Kancil. Dan juga pada tahun 90an ini juga banyak animator Indonesia yang menjadi pengembang animaotr terkenal seperti Doraemon dan juga Pocket Monster.

Pada tahun 2000an  animasi Red Rocket yang memproduksi beberapa animasi serial TV seperti dongeng Aku dan Kau, Klilip dan Puteri Rembulan, mengapa Domba Bertanduk dan Berbuntut Pendek,Si kurus dan Si Macan. Dan juga pada tahun 2003 animai 2D dan 3D mulai muncul animasi dan masuk ke layar lebar diantaranya adalah “Janus Perajurit Terakhir”.  Seiring bertambahnya tahun ke tahun animasi 3D mulai tersebar ke layar layar TV Indonesia dan mulai banyak dimintai oleh kalangan anak-anak bahkan dewasa ikut menonton film animais
-animasi berbasis 3D tersebut.

Animasi 3 dimensi Nussa

Di akhir tahun 2018 sendiri pun telah muncul animasi 3D bernama Nussa animasi ini sendiri pun diciptakan oleh Mario Irwinsyah dengan kolaborasi The Littel Giantz milik nya dengan 4 Stripe Production. Animasi ini pun sangat buming di Youtube dan sosial media lainnya. Karena menceritakan 2 orang anak kecil yang di zaman nya penuh keassikan bermain gadget menyeimbangkan antara belajar dan bermain. Karakter nya sendiri pun sangat unik. Untuk pria bernama Nussa dan Rara diperankan oleh karakter perempuan. Tak heran jika animasi ini banyak di minati oleh kalangan anak-anak bahkan dewasa. Dengan animasi yang sederhana tapi sungguh banyak ilmu yang dipelajari. Animasi ini sendiri asli dari Indonesia.

Animasi 3 dimensi Nussa
Animasi Nussa ini menceritakan mengenai kehidupan sehari-hari tinggal di bersama ibu nya yang sering dipanggil Umma. Animasi ini mempunyai nilai dan moral yang sangat tinggi mengajarkan sopan dan santun. Animasi ini pun sudah banyak di tonton lebih dari 22 juta view pada youtube.

*  Pengertian Animasi

Animasi adalah sekumpulan gambar atau bisa juga di artikan dengan sekumpulan objek yang mengikuti pola tertentu atau pergerakan tertentu sehingga nantinya sesuai hasil yang dinginkan. Animasi sendiri berasal dari gambar yang seakan menjadi hidup seperti layak kehidupan manusia ataupun hewan. Animasi banyak bentuk nya ada seperti benda hidup,benda mati bahkan ada animasi yang hanya berbentuk tulisan saja.

Proses membuat animasi

Anim asi sendiri bersasal dari animate yang mempunyai arti menghidupkan atau hidup. Animasi artinya menggerakkan benda yang mati menjadi hidup. Didalam animasi sendiri ada namanya objek gambar dan juga objek gerak yang ingin dtuju.

Menurut Hofstetter Animasi dibedakan menjadi beberapa bagian diantaranya adalah:

1. Frame Animation
           
            Frame Animasi adalah suatu objek animasi yang dibuat dan di rancang dengan cara merubah setiap objek pada masing masig frame. Objek-objek inilah yang nantinya akan terlihat pada tempat atau lokasi-lokasi yang berbeda satu dengan lainnya pada layar monitor tersebut.

2. Vector Animation
           
            Vector Animation atau dalam bahasa Indonesia nya sendiri adalah animasi vektor sesuai dengan namanya. Animasi ini dibuat dan di rancang menggunakan vektor atau garis.

3. Computational Animation

            Teknik ini dibuat dengan cara memindahkan objek yang berdasarkan koordinat x dan y. Sama dengan umumnya titik koordinat x diteteapkan sebagai horizontal dan titik y ditetapkan sebagai vertical

4. Morphing
           
            Morphing adalah salah teknik merubah bentuk objek dari satu ke lainnya dengan lebih dari satu frame saja. Sehingga hasil nantinya akan sangat smooth dan lembut untuk gerakan objek tertentu.



Referensi :











Komentar

Postingan Populer