AUDIT SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA PADA TRAINING CENTER DI JAKARTA MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1
Latar
belakang
Smartlearning
memberikan program sertifikasi untuk kalangan individu maupun perusahaan yang
berkeinginan untuk mencari atau melengkapi sertifikasi IT berskala
international. Program sertifikasi ini terdiri dari training persiapan ujian
sertifikasi dan ujian sertifikasi.
Saat
ini banyak bermunculan jenis usaha yang sama, hal ini tentunya memperketat
persaingan, baik dari sisi kualitas materi training sampai kepada kualitas
pelayanan terhadap konsumen. Untuk Memastikan kualitas dan layanan yang
diberikan oleh Smartlearing dapat terarah dan selaras dengan tujuan bisnis
perusahaan, untuk pemberian materi training dipilih Instruktur dari para
profesional, praktisi dan akademisi yang memiliki sertifikasi industri dan yang
memiliki pengalaman riil dalam mengembangkan project-project teknologi informasi
sesuai dengan core competence masing-masing.
Saat
ini ada semacam kecenderungan yang meningkat (growing trend) terhadap
pelaksanaan training dan juga terdapat peningkatan kebutuhan (growing demand)
dari pelanggan Perusahaan training center tersebut.
Analisis
dan hasil
Scope
Audit
Ruang lingkup atau scope untuk
melakukan audit di Smartlearning, proses-proses yang digunakan dalam
pengauditan adalah :
PO1
Define a Strategic Plan
Proses ini mencari tahu tentang
rencana strategi apa yang dilakukan untuk mendukung proses bisnis. Untuk itu
maka dilakukan pertanyaan –pertanyaaan yang berhubungan dengan cobit itu
sendiri, sebagai berikut :
·
PO1.1 Pengelolaan
Nilai It
·
PO1.2
Penyelarasan Bisnis Dengan IT
·
PO1.3 Penilaian
Terhadap Kinerja Dan Kemampuan Saat Ini
·
PO1.4 Rencana
Strategis IT
·
PO1.5 Rencana
Taktis IT
·
PO1.6 Pengelolaan
Portofolio IT
PO3 Determine Technology
Direction
Proses ini menelaah bagaimana
teknologi direncanakan dan seperti apa atau bagaimana perencanaannya dan juga
melihat standard –standard teknologi nya seperti apa Yang berhubungan dengan
hal ini maka dilihat dari segi :
·
PO3.1 Perencanaan
Arah Teknologi
·
PO3.2 Rencana
Infrastruktur Teknologi
·
PO3.3 Memantau
Peraturan dan Tren Masa Depan
·
PO3.4 Standar
Teknologi
·
PO3.5 Dewan
Arsitektur IT
PO6
Communicate Management Aims and Direction
Proses ini melihat bagaimana
perusahaan mengkomunikasikan antara kebijakan dan aturan perusahaan
·
PO6.1 Kebijakan
IT dan Lingkungan Pengendalian
·
PO6.2 Kerangka
Pengendalian dan Resiko IT Perusahaan
·
PO6.3 Mengelola
Kebijakan IT
·
PO6.4 Meluncurkan
Kebijakan, Standar, dan Prosedur
·
PO6.5
Mengkomunikasikan Tujuan dan Arah IT
PO7
Manage Human Resources
Proses ini menelaah perusahaan
untuk bagaimana perusahaan dapat mengatur sumber daya manusia dengan melakukan
training atau model – model lainnya.
·
PO7.1 Merekrut
dan Mempertahankan Personil
·
PO7.2 Kompetensi
Personil
·
PO7.3 Peraturan
Kepegawaian
·
PO7.4 Pelatihan
untuk Karyawan
·
PO7.5
Ketergantungan Terhadap Individu
·
PO7.6 Prosedur
Penerimaan Karyawan
·
PO7.7 Penilaian
Kinerja Karyawan
·
PO7.8
Pemberhentian dan Perubahan Pekerjaan
PO8
Manage Quality
Proses ini mengambil dan
melihat pengaturan kualitas yang dilakukan dalam perusahaan
·
PO8.1 Quality
Management System
·
PO8.2 IT
Standards and Quality Practices
·
PO8.3 Development
and Acquisition Standards
·
PO8.4 Customer
Focus
·
PO8.5 Continuous
Improvement
·
PO8.6 Quality
Measurement, Monitoring and Review
PO10
Manage Proyek
Proses ini melakukan pendekatan
manajemen proyek dan program yang terdefinisi yang diaplikasikan pada proyek IT
dan memudahkan partisipasi stakeholder mengawasi resiko proyek dan dan kemajuan
proyek
·
PO10.1 Programme
Management Framework
·
PO10.2 Project
Management Framework
·
PO10.3 Project
Management Approach
·
PO10.4Stakeholder
Commitment
·
PO10.5 Project
Scope Statement
·
PO10.6 Project
Phase Initiation
Kesimpulan
- Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa nilai rata-rata domain PO3 dan PO7 yaitu 1.6 & 1.9 masih jauh dari harapan, perlu kerja keras ini untuk tersebut, sedangkan PO1, PO6, PO8, PO10 & DS10 yaitu kisaran 2, proses ditingkatkan, khusus untuk DS7 mendapatkan nilai 3, proses sudah ada standard dan dokumentasi yang baik, menuju proses level 4 yang tidak begitu sulit di capai.
- Gap yang ada antara rata-rata level saat ini dengan rekomendasi level tidak menunjukkan gap yang besar, sehingga apa yang diharapkan dapat di penuhi dan dijalankan dengan baik oleh Manajemen training center.
- Sistem sumber daya
manusia di training center yang saat ini diimplementasikan sudah sesuai dan
mendukung tujuan bisnis perusahaan tersebut.
Saran
- Dokumentasi yang baik dan adanya standard operating prosedur memudahkan perusahaan untuk meningkatkan level maturity yang maksimal.
- Kegiatan evaluasi audit
system informasi dilakukan oleh unit khusus dalam organisasi yaitu internal
audit yang dapat dilakukan secara periodik.
- Memberikan pelatihan
COBIT 4.1 atau 5 bagi karyawan yang terlibat dalam kegiatan evaluasi tata
kelola TI, jika memungkinkan di certified oleh ISACA, dengan CISA
login Laku4D merupakan situs penyedia Slot online dengan RTP terbaik dan bandar judi togel online terbaik di indonesia. LOGIN LAKU4D sering di katakan sebagai situst slot online terbaik di indonesia karna pendukung dari berbagai jenis provider slot andalan para pemain slot online di indonesia.
BalasHapus