Pengertian dan Riview 5 Software Design Animasi


- PENGERTIAN DESAIN GRAFIS
                                   Hasil gambar untuk desain grafis
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar atau citra untuk menyampaikan informasi atau pesan yang ingin disampaikan secara efektif. Dalam desain grafis, teks atau tulisan juga dianggap sebagai sebuah gambar sebab hal tersebut merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi visual dan fine art yang merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).


YouTube Video

Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi (seni menulis indah), illustrasi, tata letak, pengolahan gambar, dan fotografi.

Ialah Henry Cole, ia adalah salah satu orang yang paling berpengaruh dalam pendidikan desain di Inggris, ia meyakinkan kepada pemerintah tentang pentingnya membuat desain dalam sebuah jurnal yang berjudul Journal of Design and Manufactures. Dia juga menyelenggarakan The Great Exhibition sebagai perayaan atas munculnya teknologi industri modern dan desain bergaya Victoria.


Tahun 1891-1896, Arts and Crafts Movement membuat buku mengenai desain grafis yang diterbitkan oleh Percetakan William Morris Kelmscott, tidak hanya itu, buku itu didesain lebih bagus, menarik dan juga elegan yang kemudian dijual kepada orang-orang kaya pada kala itu. Pada masa tersebut, Morris membuktikan adanya potensi pasar untuk produk-produk desain grafis. Morris juga menjadi salah satu pionir pemisahan desain grafis dari seni rupa. Hasil karya dari Morris dan Private Press Movement secara langsung mempengaruhi Art Nouveau, dan secara tidak langsung mempengaruhi perkembangan desain grafis pada awal abad ke-20.



Kata dari Desain Grafis, pertama kali digunakan di sebuah esai berjudul New Kind of Printing Calls for New Design yang ditulis oleh William Addison Dwiggins pada tahun 1922, ia adalah seorang desainer buku dari Amerika. Raffe's Graphic Design, yang waktu itu diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan istilah Desain Grafis pada judul di covernya. Salah satu contoh dari desain klasik pada abad modern adalah The signage in the London Underground yang dirancang oleh Edward Johnston pada tahun 1916. Pada tahun 1920, ada sebuah Aliran bernama konstuktivisme di Uni Soviet melihat seni yang berorientasi individu tidak ada gunanya bagi negara Rusia dan membuat sesuatu yang dapat diterapkan di dunia nyata. Mereka mendesain bangunan, logo, poster pakaian, perangkat teater, kain, perabot, menu, dll.

Setelah itu ada Jan Tschichold, ia merumuskan prinsip-prinsip dasar tipografi modern pada tahun 1928 dalam bukunya yang berjudul New Typography. Tschichold, Bauhaus,Herbert Bayer and Laszlo Moholy-Nagy, and El Lissitzky adalah seorang tipografer (sebutan untuk seniman tulis indah) yang juga berpengaruh sangat besar dalam ilmu desain grafis yang kita kenal sekarang ini. Mereka menjadi salah satu pionir teknik produksi yang digunakan sepanjang abad ke 20. Setelah itu pada tahun-tahun berikutnya desain grafis mendapat banyak pengakuan dari banyak orang dibelahan dunia dan mulai banyak diterapkan. Lalu Pasca Perang Dunia II, kebutuhan akan desain grafis semakin meningkat pesat, terutama untuk kebutuhan periklanan dan pembuatan kemasan produk. Lalu perpindahan Sekolah Bauhaus dari Jerman ke Chicago pada tahun 1937 membawa pengaruh besar pada perkembangan desain di Amerika. Nama-nama yang terkenal diantaranya Adrian Frutiger, Paul Rand.

Setelah itu perkembangan industri desain grafis tumbuh pesat seiring dengan perkembangan konsumerisme. Hal ini memunculkankan kritik dari berbagai komunitas desain yang tertuang dalam First Things First manifesto yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1964 dan diterbitkan kembali pada tahun 1999 di majalah Émigré. Lalu Konsumerisme terus tumbuh, sehingga terus memacu pertumbuhan ilmu desain grafis di dunia. Hal ini menarik para praktisi desain grafis, beberapa diantaranya ialah : Rudy VanderLans, Erik Spiekermann, Ellen Lupton and Rick Poynor.

-Batasan Media

Desain grafis sendiri pada awalnya hanya diterapkan untuk media-media statis, seperti majalah, brosur, dan buku. Seiring dengan perkembangan zaman, desain grafis juga mulai diterapkan dalam media elektronik (Televisi,videotron dan media elektronik lainnya), yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batasan dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis juga bisa dimanfaatkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.

- Prinsip dan unsur desain

Unsur didalam desain grafis sendiri hampir sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya seperti shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna. Kemudian desain grafis juga membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (proportion) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

- Peralatan desain grafis

Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, mata, akal, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide belum bisa dikatakan sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual. Pertengahan tahun 1980, merupakan awal kemunculan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis, dimana pada saat itu muncul satu generasi desainer untuk manipulasi gambar dengan menggunakan komputer dan penciptaan gambar 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang sangat sulit. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang desain untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta dan pena atau alat bantu tulis, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menggunakan banyak ruang.

- Perancang grafis

Perancang grafis atau desainer grafis (dalam bahasa Inggris: Graphic Designer) merupakan profesi yang memiliki tugas dalam menciptakan sebuah ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion. Seorang desainer grafis menciptakan karya ke dalam bentuk media cetak, penerbit dan elektronik, seperti pamflet dan mengiklankan produk. Tugas dari seorang desainer grafis yaitu menjaga tampilan agar tetap menarik, agar bisa diaplikasikan dalam berbagai bentuk materi promosi yang berkaitan dengan produk dan publikasi. Untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, seorang perancang grafis menggunakan sketsa, dan selanjutnya ia menggunakan alat untuk menyelesaikannya, seperti komputer atau tangan. Desainer Grafis memiliki tugas peran dalam menyampaikan sebuah informasi kepada klien mengenai produk yang mereka inginkan dalam bentuk desain yang menarik.

- Daftar Software Desain Grafis

Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:

- Desktop publishing
·         Paint Tool SAI
·         Inkscape
·         GIMP
·         Coreldraw
·         CorelDraw
·         Adobe Photoshop
·         Adobe Page Maker
·         Adobe Indesign
·         Adobe Illustrator
·         Adobe Freehand

- Webdesign
·         Notepad
·         Microsoft Frontpage
·         Adobe Photoshop
·         Adobe Dreamweaver

- Audiovisual
·         Ulead Video Studio
·         Power Director
·         Magic Movie Edit Pro
·         Final Cut
·         Adobe Premier
·         Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
·         Adobe After Effect

- Rendering 3 Dimensi
·         Softimage
·         Maya
·         Light Wave
·         Google SketchUp
·         Blender
·         AutoCad
·         3D StudioMax

- REVIEW 5 SOFTWARE DESIGN ANIMASI

        1. Toon Boom Harmony



Jika anda mencoba membuat karya seni, memamerkan cerita melalui gambar 2D, atau membuat pesan unik untuk audiens anda, Toon Boom Harmony akan sangat membantu Anda. Perangkat lunak ini memiliki bitmap dan alat vektor untuk membuat karya seni, model impor 3D untuk produksi hibrid, dan opsi untuk membuat adegan multiplane dengan kedalaman Z.


Fitur:
  • ·         Teknologi gambar vektor dan bitmap yang revolusioner - Brush Engine
  • ·         Palet warna dan pilihan lukisan tingkat lanjut
  • ·         Integrasi 2D dan 3D
  • ·        Alat animasi cut-out
  • ·       Animasi tanpa kertas tradisional.
  • ·       Harga: 21 hari pertama menggunakan produk ini gratis. Setelah 21 hari berlalu, Anda harus membayar $ 109 per bulan.

       2. Synfig

Synfig Studio adalah perangkat lunak animasi 2D open-source yang merupakan tempat yang tepat bagi pemula untuk belajar tentang animasi 2D. Ada dua versi yang tersedia untuk diunduh - stabil dan pengujian. Versi pengujian memiliki beberapa fitur eksperimental, jika pengguna ingin mencobanya sebelum pengantar ke rilis stabil.

Fitur:

  • ·         Mendukung banyak lapisan konten
  • ·         Sistem tulang memungkinkan untuk membuat animasi potongan dari gambar bitmap
  • ·         Memiliki dukungan suara untuk memungkinkan penambahan dan sinkronisasi narasi dan / atau musik ke video
  • Harga: Gratis

3      3. Stop Motion Studio




Ingin membuat video animasi 2D yang asyik? Berharap untuk mengesankan atasan anda dengan presentasi animasi 2D untuk menyoroti fitur produk? Menggunakan Stop Motion Studio akan membantu anda mencapai semua yang anda inginkan di dunia animasi 2D.
Anda dapat menangkap konten dengan mudah, apakah anda mengubah fokus, pencahayaan, atau keseimbangan putih. Ada dukungan DSLR, sehingga anda dapat menggunakan kamera high-end anda bersama dengan perangkat lunak ini. Dan dengan editor frame-by-frame yang unik, anda akan bisa mendapatkan hasil akhir yang anda inginkan untuk film animasi berhenti 2D anda.

Fitur:
  • ·    Onionskin memungkinkan Anda melihat bingkai sebelumnya melalui overlay transparan, yang membantu Anda membuat bingkai berikutnya
  • · Hadir dengan kunci Chroma dan rekaman audio untuk narasi yang lebih baik dan menambahkan efek suara ke video Anda
  • ·     Mengunggah sekali klik dengan mudah ke YouTube dan Facebook
  • ·     Dukungan kamera DSLR untuk membuat rekaman 1080p sempurna
  • Harga: $ 59,99 untuk mengunduh aplikasi perangkat lunak ke PC Anda.

        4. Pencil 2D



Ingin sumber terbuka dan perangkat lunak desain animasi 2D gratis untuk membantu anda membuat video? Animasi Pencil2D adalah jenis program yang dapat membantu pemula. Anda dapat memahami bagaimana animasi 2D bekerja, dan anda dapat membuat beberapa video yang sangat menyenangkan dan menarik.

Fitur:

  • ·         Desain minimalis
  • ·         Pergantian alur kerja raster dan vektor
  • ·         Kompatibilitas lintas platform
  • Harga: Gratis

        5.   CelAction2D
  

Ingin membuat animasi 2D yang unik dan kompleks untuk proyek mendatang anda? CelAction2D adalah jenis produk yang akan membantu anda membuat animasi yang luar biasa. Walaupun mendapatkan lisensi lengkap adalah komitmen finansial, anda mendapatkan produk yang memiliki semua fitur yang mungkin anda butuhkan.
Anda dapat membuat palet menggunakan hingga 16 juta warna, dan anda akan memiliki waktu yang sangat mudah untuk memahami cara kerja perangkat lunak. Ini dirancang untuk pengguna pemula dan menengah, tetapi masih memiliki semua fitur canggih yang pro inginkan.

Fitur:

  • ·         Mudah dan cepat digunakan
  • ·         Memiliki kontrol ergonomis
  • ·         Mudah menangani proyek kompleks dengan ribuan lapisan
  • ·         Bekerja dengan semua mesin Windows modern - 32 dan 64-bit Juga bekerja dengan Mac       melalui Boot Camp
  • ·         Fitur kamera multiplane.
  • Harga: Jika Anda menggunakan Edisi Studio, harganya $ 1.300 untuk mendapatkan lisensi tunggal untuk menggunakan produk seumur hidup. Studio Edition adalah $ 1.300 USD untuk satu lisensi tunggal



Komentar

Postingan Populer