Sistem Kecerdasaan Buatan dalam bidang Pendidikan

Setiap hari tantangan baru dalam dunia medis semakin bertambah. Untuk menangani penyakit-penyakit baru, dibutuhkan berbagai metode pengobatan baru dan kemajuan teknologi mutakhir yang mengharuskan dokter untuk memperluas ilmu pengetahuannya secara berkesinambungan bukan hanya dari segi pegobatan tetapi juga teknologi kecerdasan buatan (Artificial intelligence/AI). 


Dalam pendidikan AI sangat berperan dalam menyampaikan segala informasi dan pengelaman belajar yang akan membuat peoses belajar mengajar lebih efektif. Denganmenggunakan media-media pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan prinsip- prinsip dan teknik-teknik artificial intelligence, pebelajar/learner dapat belajar tanpa harus berhadapan langsung berhadapan dengan guru, dan informasi dalam media-media pendidikantentunya akan lebih mempermudah dan meringankan tugas guru/pendidik dalammentransformasikan ilmu dan pengalaman belajar mereka terhadapa peserta didik. Jadi dapat pula dikatakan bahawa aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang pendidikan yang bertindak sebagai partner bagi pelajar atau mahasiswa dalam mempelajari suatu bidang

§  Rhino Robot XR-2 System
Video

Robot ini dibuat oleh Rhino, Inc., dan digunakan untuk simulasitentang operasi dari robot-robot industri. Rhino XR-2 dapat diprogram melalui komputerApple dan programnya dapat disimpan didisk 
          



§  Microbot 

Microbot mempunyai dua macam robot, yaitu microot minimower dan (microbot ). Teachmower. minimower dapat diprogram dengan komputer Apple atau TRS-80. Teachmower digunakan untuk simulasi robot industri dan menggunakan teach pendant untuk memprogramnya serta dapat digunakan komputer Apple atau TRS-80 untuk menyimpan program.




§  Hero-1

Robot ini dibuat oleh Heath/Zenith, merupakan robot yang dapat bergerak dandirancang untuk membantu mempelajari robot industri. Robot ini mempunyai beberapa unitsensor. 0nit sensor ini dapat mendeteksi gerak, mengukur jarak sampai 15 feet, mendeteksi perubahan tinggkat cahaya, membedakan dua buah suku kata dan menggunakan speech synthesizer , sehingga dapat berbicara. Hero-1 juga dilengkapi dengan teach pendant 
.

         Perbandingan Sistem Cerdas Pada 3 Negara di Asia!

Eductional Robots

Indonesia : Beberapa Universitas ternama sudah banyak menggunakan robot dalam dunjia pendidikan sperti hal nya dalam ilmu kedokteran dalam pengorapasian alat-alat kodekteran untuk diagnosa penyakit penyakit.

Jepang : Semua universitas atau lembaga pendidikan sudah mempunyai cara mengajar menggunakan robot sebagai pengajar.

Singapura : Hampir sama dengan jepang,singapura juga memiliki lembaga pendidikan dalam dunia pengajar yang berbasis teknologi. Seperti hal nya pembelajaran bahasa asing untuk anak TK  yang berrinterakris dengan robt.

Intelegence Computer Aided Intruction


Indonesia : Indonesia sudah banyak lembaga pendidikan yang memakai system cerdas ini jadi untuk pengerjaan tugas dikerjakan di internet sehingga guru memantau murid nya walaupun bebeda jarak.

Jepang : Jepang beberapa sudah menggunakan robot sebagai media pengajar yang dimana siswa langsung dapat berinteraksi kepada robot dalam memberikan pertanyaan.

Singapaura : Hampir sama dengan jepang dan Indonesia dan sudah menerapkan teknologi keuda nya.

Inteligent Tutoring System


Indonesia : Sudah beberapa sekolah dalam penerapan dalam penerapan ujian nasional menggunakan media computer. Sehingga dalam penggunaan biaya cukup efesien tanpa perlu mencetak sebuah kertas.

Jepang : jepang memang sudah lama menerapkan pengerjaan ujian dalam media computer sebelum Indonesia meneraapkan nya.

Singapura : Kurang lebih sama seperti jepang sudah mengenal lama dalam pengerjaan ujian dalam media elektronik.

KESIMPULAN:

Sistem ini sangat berguna sekali karna siswa dapat langsung ber interaksilangsung tanpa malu malu,dan juga seorang guru dapat mengetahui kemampuan siswa nyamasing masing dan juga kerja guru akan diringan kan. 5amun apakah dengan mengunakan Komputer ini anak ditakut kan akan tidak serius malah akan keasikan bermain tidak fokusterhadap materi yang diajarkan.

Seharusnya, program ini sudah diberlakukan untuk seluruh sekolah di Indonesia agar seluruh pelajar di Indonesia tidak akan canggung lagi saat berhadapandengan teknologi  khususny a komputer  di  masamasa yang akan datang. Sebenarnya iniadalah tanggungan pemerintah untuk memajukan pendidikan dan pengetahuan umum paragenerasi muda di Indonesia. Semoga di masa-masa yang akan datang, pemerintah sudahsanggup untuk menyediakan program ini untuk seluruh sekolah di Indonesia.

Referensi:




Komentar

Postingan Populer