Sistem Kecerdasaan Buatan dalam bidang Pendidikan
Setiap hari tantangan baru dalam dunia medis semakin
bertambah. Untuk menangani penyakit-penyakit baru, dibutuhkan berbagai metode
pengobatan baru dan kemajuan teknologi mutakhir yang mengharuskan dokter untuk
memperluas ilmu pengetahuannya secara berkesinambungan bukan hanya dari segi
pegobatan tetapi juga teknologi kecerdasan buatan (Artificial intelligence/AI).
Dalam
pendidikan AI sangat berperan dalam menyampaikan segala informasi
dan pengelaman belajar yang akan membuat peoses belajar mengajar lebih
efektif. Denganmenggunakan media-media pembelajaran yang dikembangkan dengan
menggunakan prinsip- prinsip dan teknik-teknik artificial intelligence,
pebelajar/learner dapat belajar tanpa harus berhadapan langsung berhadapan
dengan guru, dan informasi dalam media-media pendidikantentunya akan lebih
mempermudah dan meringankan tugas guru/pendidik dalammentransformasikan
ilmu dan pengalaman belajar mereka terhadapa peserta didik. Jadi
dapat pula dikatakan bahawa aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang
pendidikan yang bertindak sebagai partner bagi pelajar atau mahasiswa dalam
mempelajari suatu bidang
§ Rhino Robot XR-2 System
Video
Robot ini dibuat oleh Rhino, Inc., dan digunakan
untuk simulasitentang operasi dari robot-robot industri. Rhino XR-2 dapat
diprogram melalui komputerApple dan programnya dapat disimpan didisk
§ Microbot
Microbot mempunyai dua
macam robot, yaitu microot minimower dan (microbot ). Teachmower. minimower
dapat diprogram dengan komputer Apple atau TRS-80. Teachmower digunakan
untuk simulasi robot industri dan menggunakan teach pendant untuk memprogramnya
serta dapat digunakan komputer Apple atau TRS-80 untuk
menyimpan program.
§ Hero-1
Robot ini dibuat
oleh Heath/Zenith, merupakan robot yang dapat bergerak dandirancang untuk
membantu mempelajari robot industri. Robot ini mempunyai beberapa unitsensor.
0nit sensor ini dapat mendeteksi gerak, mengukur jarak sampai 15 feet,
mendeteksi perubahan tinggkat cahaya, membedakan dua buah suku kata dan
menggunakan speech synthesizer , sehingga dapat berbicara. Hero-1
juga dilengkapi dengan teach pendant
.
•
Perbandingan Sistem Cerdas Pada 3 Negara di Asia!
Eductional
Robots
Indonesia : Beberapa
Universitas ternama sudah banyak menggunakan robot dalam dunjia pendidikan
sperti hal nya dalam ilmu kedokteran dalam pengorapasian alat-alat kodekteran untuk
diagnosa penyakit penyakit.
Jepang : Semua universitas atau lembaga
pendidikan sudah mempunyai cara mengajar menggunakan robot sebagai pengajar.
Singapura : Hampir sama dengan jepang,singapura juga
memiliki lembaga pendidikan dalam dunia pengajar yang berbasis teknologi. Seperti
hal nya pembelajaran bahasa asing untuk anak TK
yang berrinterakris dengan robt.
Intelegence
Computer Aided Intruction
Indonesia : Indonesia sudah banyak lembaga pendidikan
yang memakai system cerdas ini jadi untuk pengerjaan tugas dikerjakan di
internet sehingga guru memantau murid nya walaupun bebeda jarak.
Jepang : Jepang beberapa sudah menggunakan robot
sebagai media pengajar yang dimana siswa langsung dapat berinteraksi kepada robot
dalam memberikan pertanyaan.
Singapaura : Hampir sama dengan jepang dan Indonesia
dan sudah menerapkan teknologi keuda nya.
Inteligent
Tutoring System
Indonesia : Sudah beberapa sekolah dalam penerapan
dalam penerapan ujian nasional menggunakan media computer. Sehingga dalam
penggunaan biaya cukup efesien tanpa perlu mencetak sebuah kertas.
Jepang : jepang memang sudah lama menerapkan pengerjaan
ujian dalam media computer sebelum Indonesia meneraapkan nya.
Singapura : Kurang lebih sama seperti jepang sudah
mengenal lama dalam pengerjaan ujian dalam media elektronik.
KESIMPULAN:
Sistem ini sangat berguna
sekali karna siswa dapat langsung ber interaksilangsung tanpa malu malu,dan
juga seorang guru dapat mengetahui kemampuan siswa nyamasing masing dan juga
kerja guru akan diringan kan. 5amun apakah dengan mengunakan Komputer ini anak ditakut
kan akan tidak serius malah akan keasikan bermain tidak fokusterhadap materi
yang diajarkan.
Seharusnya, program ini
sudah diberlakukan untuk seluruh sekolah di Indonesia agar seluruh pelajar di
Indonesia tidak akan canggung lagi saat berhadapandengan teknologi khususny a komputer di masamasa yang akan datang. Sebenarnya iniadalah
tanggungan pemerintah untuk memajukan pendidikan dan pengetahuan umum
paragenerasi muda di Indonesia. Semoga di masa-masa yang akan datang,
pemerintah sudahsanggup untuk menyediakan program ini untuk seluruh
sekolah di Indonesia.
Referensi:
https://www.google.co.id/searchq=Microbot+Teachmover&safe=strict&rlz=1C1CHBF_idID781ID781&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiSrvfG5P7eAhWJbysKHb5wChIQ_AUIECgD&biw=1517&bih=686&dpr=0.9#imgrc=X5FHn_BlCwDiaM:
Komentar
Posting Komentar