Kelebihan dan kekurangan AI dibidang kesehatan

Kelebihan dan kekurangan Artificial Intelegent
dalam bidang kesehatan (Al-Healt)



E-health adalah aplikasi internet atau teknologi lain yang berkaitan di industri pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan akses, efisiensi, efektivitas, dan kualitas dari proses medis dan bisnis, yang melibatkan organisasi pelayanan medis (rumah sakit atau klinik), praktisi medis (dokter atau terapis), laboratorium, apotek, asuransi, dan pasien sebagai konsumen.

System E-Health 
Aplikasi Perangkat Lunak E-Health Laboratorium Medis ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (PHP Hypertext Preprocessor), untuk database menggunakan MySQL. Alasannya, agar user tidak perlu lagi melakukan instalasi aplikasi sebelum menggunakannya. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, user hanya menyediakan perangkat koneksi. Perancangan sistemnya menggunakan system flow, work flow, DFD (Data Flow Diagram), CDM (Conceptual Data Model), dan PDM (Phsycal Data Model).Secara sederhana sistem E-Health terdiri atas sejumlah “Stasiun Medis” yang satu sama lain dihubungkan dalam suatu jaringan (Network). Suatu stasiun medis sendiri dapat terdiri atas :

·         Komputer dengan perangkat lunak di dalamnya
·         Sebuah perangkat antar-muka pasien
·         Sejumlah instrument biomedika (tergantung keperluan)
·         Sebuah perangkat antar-muka pengguna (berikut alat input output yang digunakan)
·         Jaringan dan perangkat telekomunikasi yang tersedia.

YOUTUBE

A-Healt sendiri sudah digunakan disalah satu kota di Indonesia yaitu terdapati di kota Surabaya.


Visi  Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Purwakarta

“Purwakarta Sehat, Mandiri dan Berkarakter”

Misi Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Purwakarta 

è Mewujudkan pelayanan kesehatan yang merata, bermutu, terjangkau oleh masyarakat.      
è Mewujudkan upaya perlindungan masyarakat agar bebas dari masalah-masalah penyakit.
è Mendorong untuk mewujudkan lingkungan sehat bagi masyarakat, dan
è Mendorong untuk mewujudkan perilaku yang bersifat proaktif, mandiri untuk memelihara 
      kesehatan masyarakat.

Teknologi yang digunakan :
Salah satu teknologi selain E-healt dalam bidang kesehatan, ada lagi seperti Temperatur Sensor yg digunakan untuk mengukur suhu dalam badan.
  
Contoh Penerapan E-Health Pada Dunia Kesehatan :



Sistem Resep Elektronik

Merupakan sistem komputerisasi penulisan resep obat yang juga dikenal dengan E-Prescription, dimana pada sistem ini dokter menuliskan dan mengirimkan resep kepada bagian farmasi/apotek menggunakan media elektronik menggantikan tulisan tangan dan penggunaan media kertas.

Sistem ini dibuat untuk menghindari terjadinya ROM (Reaksi Obat Merugikan) yang biasa disebabkan oleh adanya kesalahan pemakaian obat selama dalam penanganan tenaga kesehatan, yang sebenarnya hal ini dapat dicegah apabila dilakukan dengan lebih teliti dan hati-hati.
Kesalahan tersebut dapat dibagi dalam 4 fase :

      Ø  Fase penulisan resep
      Ø  Fase pembacaan resep
      Ø  Fase penyiapan hingga penyerahan resep oleh petugas apotek
      Ø  Fase penggunaan obat oleh pasien

Kelebihan dari E-Healt ini adalah:

1. E-health menangani pendaftaran online dimana pasien dapat mengetahui  jadwal dokter pilihan mereka dan mendapat nomor antrian serta jam  pemeriksaan, sehingga pasien tidak perlu membuang banyak waktu untuk menunggu giliran konsultasi. Pendaftaran online mencakup pendaftaran konsultasi dengan dokter dan pendaftaran laboratorium.

2. E-health mengirim medical record pasien, diagnosis dari dokter, tindakan medis yang perlu diambil oleh pasien, resep obat, dan hasil laboratorium, serta rekapitulasi biaya melaluiwebsite. Pasien hanya perlulogin dan mendapatkan seluruh informasi tersebut setelah pemeriksaan yang dilakukan.

3.E-health memiliki hubungan dengan asuransi, sehingga proses pembayaran yang melibatkan asuransi dapat dilakukan dengan mudah.

Kekurangan dari E-Healt ini adalah:

sebernarnya bukan hanya soal penelitian kesehatan saja yang masih bermasalah. Ada banyak kekurangan ehealth yang harus diperhatikan  ,misalnya      akses kesehatan melalui internet terbatas pada golongan tertentu saja yang cukup mapan dan tidak terlalu berumur. Informasi internet masih terkendala dengan sulitnya mencari informasi yang valid, complete, dandimengerti. Masalah yang terahir adalah masalah confict interest dengan perusahaan kimia di dunia internet. Hal - hal di atas masih menjadi problem yang perlu diperhatikan.

1. tenaga ahli yang masih jarang
2. memerlukan jaringan yang baik
3. masyarakat banyak yang belum mengerti tentang internet.

HARAPAN UNTUK INDONESIA MENGENAI SISTEM CERDAS 
DALAM BIDANG = KESEHATAN.


Harapan saya terhadap perkembangan Sistem Cerdas di indonesia ini adalah deengan dikembangkannya sebuah perangkat lunak yang memberikan informasi mengenai kesehatan. Informasi yang disajikan dapat diakses secara free maupun premium. Informasi tersebut juga berupa, penanggulangan terhadap suatu penyakit, penjelasan mengenai penyakit tersebut, pencegahan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan bagaimana cara menangani suatu penyakit. Begitu juga di sajikan bahan alami, dan juga dokter spesialis/klinik terdekat dari lokasi user yang sedang mengaksesnya. Sistem pakar ini akan berguna untuk menjadikan Negara Indonesia ini masyarakatnya dapat hidup sehat dan mendapatkan informasi mengenai kesehatan secara lengkap dengan disajikan fitur software tersebut yang tidak membosankan, sehingga enak untuk dibaca dalam waktu santai

Komentar

Postingan Populer