Sistem Buatan Cerdas



 

 

Tugas Softkill
“Peng. Teknologi Sistem Cerdas



Drone


Nama
Npm
Kelas
Deki Cahyono
11116781
3ka27




Dosen : NURUL ADHAYANTI, SKOM., MMSI.





 
Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi

 
Universitas Gunadarma
ATA 2018/2019


BAB 1
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah
Zaman terus maju tak heran jika kian hari kian bertambah majunya teknologi informasi baik di dalam dunia pekerjaan meliputi kodekteran, keperawatan, pendidikan, agama,bahkan masuk ke dunia politik. Tak heran lagi jika dari orang dewasa sampai kanak-kanak banyak bahkan masuk ke dunia politik. Tak heran lagi jika dari orang dewasa sampai kanak-kanak banyak yang menggunakan aplikasi berbasis desktop ataupun aplikasi berbasis android yang sering kita gunakan sehari-hari.
Tak heran jika sekarang Sistem buatan cerdas menjadi tren populer di berbagai negara-negara berkembang, sehingga mereka belomba-lomba membangun dan mengimplementasikan Sistem buatan cerdas dengan cara nya masing-masing dan sesuai kebutuhan nya masing-masing.
Ada banyak bentuk permasalah yang dihadapi oleh masyrakat dalam dunia teknologi dan heran juga orang luar terus berinovasi membuat teknologi yang semakin hari semakin muktahir, demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Tujuan nya tidak lain tidak bukan untuk mempermudah suatu pekerjaan yang sebelum nya dikerjakan oleh tenaga manusia dengan adanya teknologi sistem buatan cerdas ini tenaga manusia lebih sedikit lagi untuk digunakan dan tidak perlu susah payah jika terjadi crush terhadap suatu permasalahan tersebut.
Tapi banyak pro dan kontra dalam membangun dan membuat sistem buatan cerdas ini diataranya yang tidak setuju jika pekerjaan digantikan oleh mesin(Robot) ada juga yang mengatakan nanti nya banyak manusia yang menjadi pengguran bahkan ada yang mengakatakan jika nanti nya manusia semakin lama semakin malas. Tapi ada juga yang setuju jika sistem cerdas digunakan maka manusia sangat terbantui sekali dan juga bisa mengerjakan suatu hal yang lainnya.


BAB II
PEMBAHASAN

B. Definisi Peng. Teknologi Sistem Cerdas
        Banyak sekali para ilmuan ataupun pakar ilmu pengetahuan teknologi yang mendefinisikan sistem buatan cerdas ini. Rich dan Knight ini contoh nya mereka merupakan pakar ilmu berpendapat bahwa Sistem cerdas adalah membuat suatu teknologi yang mana teknologi ini mampu melakukan pekerjaan manusia sehari-hari namun harus lebik baik dan lebih cerdas dari yang dilakukan oleh manusia normal. Masih banyak lagi para pakar mendifisikan sistem cerdas ini.
            Banyak orang awam atau orang umum mendifinisakan bahwa sistem buatan cerdas adalah dimana mempunyai otak buatan manusia yang cerdas,mampu melakukan segala sesuatu yang dilakukan manusia pada umum nya. Statement ini tidaklah sepenuhnya salah tapi bagi sebagaian pakar ilmu teknologi dan pengetahuan mengenai dunia Komputer dan Teknologi Informasi statement tersebut kurang sesuai penterjmahan nya.
            Manusia pada dasarnya dan mempunyai otak untuk berpikiran melakukan segala sesuatu dengan logika nya masing-masing sesuai kapasitas kemampuna kinerja otak seseorang. Berbeda dengan artificial intelligent satu ini,ini merupkan teknologi kita semua ketahui bahwa teknlogi tidak mempunyai otak seperti manusia dan apabila mempunyai otak,otak teknologi juga tidak bisa mandiri artinya kaku dikarenkan diprogram kan dari awal untuk mengerjakan sesuatu sesuai kebutuhan nya masing-masing. Nah dengan adanya Artificial Intelligent ini manusia ingin menggabungkan kedua nya tersebut dimana agar teknologi buatan ini mampu melakukan sesuatu dengan memakai otak pintar nya,mampu menyelesaikan masalah,mampu mengambil keputusan dan juga mampu berpikir layak nya manusia normal pada umum nya. Dengan begitu teknologi baru bisa di katakan dengan teknologi artificial Intelligent artinya sistem buatan cerdas.
            Sistem buatan cerdas ini diperuntukkan kepada pencipta nya agar mampu mempunyai kendali sendiri atinya apa,si Ceo sistem buatan cerdas ini akan membuat suatu trobosan agar teknologi nya ini tidak kaku artinya sistem nya tidak lagi menggunakan angka 1 dan 0 ataupun Ya atau tidak. Menurut para ahli sistem buatan cerdas atau dikenal dengan Arfificial Intelegent ini memiliki 3 dasar komposisi yang di miliki antara lain yaitu : Artificial Intelegent yang sudah sedikit kita jelaskan tadi lalu ada Artificial Neural Network, dan yang ketiga Fuzzy Logic. Bagaimana Penciptanya membuat sesuatu atau teknologi bagaimana teknologi tersebut dapat berpikir layak nya manusia dan mampu memecahkan masalah tanpa harus mengikuti intruksi nya. Untuk mencipatakan teknologi yang begitu cerdas ini 3 komponen tersebut haruslah digabungkan dan saling mempunyai keterkaitan antara satu dengan lainnya. Agar nanti nya mampu bertingkah dan bertindak layak nya manusia pada umunya.
            Tidak semua Teknologi harus mempunyai Sistem buatan cerdas. Sutau teknologi dapatlah digunakan dengan campuran sistem buatan cerdas contoh nya ketika di program teknologi yang ingin digunakan mampu memecahkan masalah seperti If,then and else. Dengan adanya sistem buatan cerdas mampu menyelsaikan masalah If,Then dan Else tanpa lagi harus dibantu oleh si pembuatnya dengan demikian pekerjan programan yang terlalu banyak menggunakan kondisi If,Then dan else bisa terminimalisir.
            Bukan hanya kondisi-kondisi seperti itu saja namun ada beberapa dianggap metode yang cukup ampuh untuk menghapai kondisi seperti If,Then dan Else tersebut. Diantaranya adalah Backpropagation,Naive Bayes,JST,Logika Fuzzy,K-Nearest Neighbour dan yang lainnya.

BAB III
Sejarah Teknologi Sistem Cerdas

            Pada abad ke 20an sesorang bernama Torres Y Quevedo meciptakan alat dengan mesin yang berguna untuk mengskakmat seorang raja lainnya dengan seorang raja dengan seorang ratu.
Selanjutnya perkembangan tersebut dibuat secara struktur dan sistematis ketika telah menemukan Komputer digital.

·         Dimulai pada tahun ke 1950-an Alan Turing seseorang yang digelar matematikawan dan padai dalam bahasa inggris pada kali pertamanya Alan Tuting mengusulkan tes pada sebuah mesin apakah bisa merespon dengan baik atau tidak kah untuk diajukan beberapa pertanyaan. Mesin tersebut dikenal dengan Turing  Test hingga saat ini.
·         Kata kata Sistem Buatan Cerdas pertama kali di kenalkan pada tahun ke 1956 oleh seorang ilmuan bernama John Mc Cathy yang berasal dari Massachusets Institute Of Technology (MIT) yang merupakan mencetus bahasa pemrograman berjenis LISP.
·         Lalu Loghic Theoris (1956) dikenalkan oleh Dartmouth Conference dia menciptakan program yang bisa digunakan untuk membuktikan Teorema-teorema matematika.
·         Setelah itu Mesin Neural  Network yang dikenalkan ileh Marvin Minsky pada tahun (1958)
·         Disusul dengan sad sam yang di buat oleh Robert K. Lindsay pada tahun (1960) jenis program ini dapat mengetahui kata kata dalam kalimat sederhana at sederhana yang dituliskan dengan bahasa umum yaitu bahasa inggris dan bisa menangkap kalimat dan memberikan jawaban dengan fakta-fakta yang didengar nya.
·         Selanjutnya muncul istilah logika yang samar (1965) dengan maksud dari samar tersebut adalah bagaimana cara logika samar megukur ketidak sesuaian dan ketidaktepatan dengan bagaimana cara dengan cara yang sangat tepat.
·         Eliza pada tahun (1967), dibuat oleh programmer Joseph Weizenbaum yang bisa mengobati dengan cara terapi kepada pasien yang sakit dengan solusi mengajukan sedikit pertanyaan.
·         Microworld menciptakan nama program yang diciptakan oleh proyek SHRDLU pada taun ke (1968) yang merupakan Expert System pertama kalinya.
·         (1972) bahasa prolog mulai diperkenalkan
·         (1975) John Holland mulai mengatakan jika adanya problem yang tercipta adaptasi (alami maupun buatan) dan bisa di kembangankan dan diformulasikan dengan terminologi genetika
·         Sistem Catur AI untuk pertama kalinya mengalahkan manusia (pemenanga catur master) di taun (1991)
·         Robotik yang digunakan untuk berbagai tugas.

BAB IV
Contoh Sistem Buatan Cerdas



Sebenar nya banyak sekali contoh sistem buatan cerdas baik itu dari sitem buatan cerdas dalam dunia pendidika,kedokteran,perusahaan,administrasi negara dll. Baik dari software maupun hardware nya. Tapi kali ini kita akan membahas salah satu dair sitem buatan cerdas yang dibuat oleh manusia.
DRONE




            Drone merupakan salah satu bagian dari teknologi Sistem Buatan Cerdas. Tak heran jika pesawat tanpa awak ini dikendalikan oleh kontroler pengendali manusia. Doren juga banyak jenis nya kali ini kita akan membahas jenis-jenis atau tipe dari drone itu sendiri. Diantara nya adalah :

·         Fixed Wing Drone (Tunggal)



Drone jenis ini hanya mempunyai baling2 tidak lebih dari satu tak heran jika drone Fixed Wing Drone jenis ini banyak perbedaan dibandingkan dengan Multicopter Drone. Dari segi kestabilan juga doren Fixed Wing Drone ini sangat minim sekali itu di akibatkan karena baling-baling untuk penerbangan hanya 1 dan juga kondisi berat dari pesawat Drone itu sendiri

·         Multicopter Drone (Multi)



            Jenis Drone Multicopter ini dari segi tampilan sangat berbeda dengan Fixed Wing Drone diatas. Jika diperhatikan baling-baling Multicopter ini lebih banyak dan dibawah drone terletak kamera yang digunakan untuk merekam dan mengambil gambar dari sebuah objek. Tak heran jika Drone jenis ini diguanakan untuk sebuah pengambilan gambar atuapun pengambilan sebuah video yang tidak bisa dijangkau secara manual. Semakin banyak nya balng-baling maka Drone akan semakin stabil dikarenakan kondisi yang memungkika. Terlebih lagi beban dari Drone itu sendiri dan juga kamera yang dimuat di Drone tersebut.
Sekarang drone banyak digunakan dari kalangan menengah ataupun kalangan tinggkat tinggi tak heran jika harga drone tidak terlalu mahal bisa dijangkau. Drone ini sekarang banyak digunakan di pemerintahan,pendidikan,kurir barang antara negara,militer bahkan untuk merekam yang tidak bisa dijaangkau oleh kamera biasa.

BAB V
KESIMPULAN

Dari bahasan diatas tadi bisa kita tarik kesimpulan jika Sistem Buatan Cerdas sangat dibutuhkan oleh manusia dikarenakan keefesiensi waktu dan juga meminimalisirkan Human eror dalam pengerjaan suatu objek. Dalam segi biaya apalagi untuk sebuah perusahaan yang besar yang mempunyai karyawan yang banyak ratusan bahkan ribuan Teknologi Sistem Buatan Cerdas ini sangat dibutuhkan untk mempermudah pekerjaan manusia dan pengoptimalkan suatu masalah untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut.

Contoh yang diambil dari Sistem buatan cerdas adalah Drone dimana Drone ini banyak fungsiny dari untuk pengambilan suatu gambar atau rekaman dari suatau objek. Dan juga utnuk militer bahkan di jepang suatu perusaan sudah mengopersasikan Drone untuk pengiriman barang dengan demikian menimalisirkan Human Eror.




Daftar Pustaka:









Komentar

Postingan Populer