E-GOVERMENT
|
|
Tugas Softkill
“E-GOVERMENT”
Kelompok
5
Nama
|
Npm
|
Athayani Imtinan
|
11116173
|
Deki Cahyono
|
11116781
|
Danny Eko Herwibowo
|
11116709
|
Dosen : M. ACHSAN ISA AL ANSHORI, SKom,MMSI
|
|
ATA 2017/2018
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Zaman terus maju tak heran jika kian hari kian
bertambah majunya teknologi informasi baik di dalam dunia pekerjaan meliputi
kodekteran, keperawatan, pendidikan, agama,bahkan masuk ke dunia politik. Tak
heran lagi jika dari orang dewasa sampai kanak-kanak banyak bahkan masuk ke
dunia politik. Tak heran lagi jika dari orang dewasa sampai kanak-kanak banyak
yang menggunakan aplikasi berbasis desktop ataupun aplikasi berbasis android
yang sering kita gunakan sehari-hari.
Tak heran jika
sekarang E-Goverment menjadi tren populer di berbagai negara-negara berkembang,
sehingga mereka belomba-lomba membangun dan mengimplementasikan E-Goverment
dengan cara nya masing-masing. Banyak sekali masalah di daerah daerah terpencil
yang sangat jarang sekali adanya komunikasi,informasi bahkan teknlogi informasi
yang mutahir. Dengan hadir nya E-Goverment inovasi dari pemerintah ini bisa
meringankan masalah baik berupa data,informasi keluahan masyarakat bahkan
sdm(sumber daya manusia).
Permasalahan yang
dihadapi di daerah tertentu terkadang belum ada nya sistem informasi yang jelas
sehingga akibatnya data kependudukan harus dikirim melalui manual. Menempuh
jarak yang jauh, jalan yang kurang memadai dan tak sedikit banyak data
informasi dari daerah tertentu yang tak sampai kepada pemerintah dikarenakan
pengiriman dan sebagainya.
BAB II
PEMBAHASAN
B.Perkembangan E-Goverment
E-Goverment adalah singkatan dari Elektronik Pemerintah(Goverment) atau sering disebut dengan
pemerintah digital, e-gov, layanan pemerintah atau bisa juga disebut pemerintah
informasi. Dimana E-Goverment ini bekerja supaya perkembangan penyediaan
layanan masyarakat kepada pemerintah terasalurkan dengan mudah. E-goverment ini
sangat mengedepankan layanan elektronik agar warga atau masyarakatnya mudah
mengakses, data, kependudukan, bisnis ataupun apa saja yang berhubungan dengan
pemerintah.
Ada 4 cara untuk penyampain E-Goverment :
1. Goverment to Citizen atau Goverment to Customer (G2C)
Model ini
penyampaian kepada publik yang bersifat umum artinya siapa saja berhak
mengakses dan memakai layanan tersebut. Contoh pada model ini yang sering
digunakan oleh masyarakat antara lain:
a.
Pajak
online
b.
Layanan
kesehatan
c.
Mencari
pekerjaan
d.
Dokumen
pribadi
e.
Beasiswa,dan
f.
Penanggulana
Bencana.
2. Goverment -to-Business(G2B)
Pada model ini
sering digunakan untuk melakukan transaksi-transaksi berbasis dimana pemerintah
sudah menyediakan berbagai informasi yang nanti bisa dipakai masyarakat agar
mencapai efisien dan efektif.
Contoh hal G2B ini adalah Pajak Peseroan, bahan ada
cv pun turut ikut menggunakan layanan yang berbasis ini untuk melunasi segala
pajak-pajak yang digunakan,pendafataran perusahaan,perijinan surat tanah,dan
berbagai perijinan.
3. Goverment-to-Goverment( G2G)
Layanan pemerintah
yang satu ini sedikit bebeda dengan layanan Goverment yang lainnya. Karena,
pada model ini sering digunakan untuk konsultasi,pendidikan secara online
banyak data yang digunakan adalah data data pribadi.
4. Government-to-Employees (G2E)
E-Goverment jenis ini untuk meningkatkan kinerja dan kelangsungan
hidup pegawai negeri atau pekerja pemerintah. Contoh nya adalah sistem
pengembangan karir karyawan.
C. Layanan
E-Goverment
-
Keuntungan E-Goverment
Keuntungan yang
didapatkan jika E-Goverment ini diterapkan dengan benar adalah:
1. Memberikan Pelayanan kepada
Masyarakat
E-Goverment ini
sangat bermanfaat untuk masyarakat karena pemerintah memberikan pelayanan yang
tidak ada ada pernah berhenti 24 jam sehari semalam,bahkan dihari libur pun
masyarakat masih bisa menyampaikan keluh kesah nya.
2. Meningkatkan Hubungan Antara
Pemerintah dengan Masyarakat
Dengan adanya
E-Goverment hubungan antara masyarakat dan pemerintah makin dekat, segingga masyarakat lebih mudah
dalam menyampaikan keluhan sehingga tidak ada lagi antrian dibagian layanan
pengaduan masyarakat
3. Mempengaruhi Masyarakat Lewat
Informasi-informasi yang bermanfaat
E-Goverment ini
sangat bermanfaat untuk Masayrakat dengan informasi-informasi yang diupdate
setiap saat, sehingga masyarakat tahu apa program-program pemerintah yang
sedang dikerjakan.
4. Meningkatkan Efisiensi Waktu Dalam
Pemerintahan
Dengan adanya
E-Goverment hubungan antara pemerintah 1 dengan pemerintah yang lainnya dapat
lebih efesien dalam segi waktu.
5. Meningkatkan Transparasi Antara
Pemerintah dengan Masyarakat
Egoverment ini
sangat bermanfaat bagi Masyarakat. Masyarakat jaadi lebih tahu apa yang
dikerjakan pemerintah kepada masyarakat dan mengetahui aliran dana pemasukan
dan pengeluaran untuk membangun dan mensejahterkan infratrustuktur daerah
setemapat.
6. Mencapai hasil Kebijakan tertentu
Dengan adanya
E-Goverment ini sangat terantunya kebijakan tertentu serperti contoh nya
membantu dalam menentukan ide pendidikan terbaru infrastruktur bahan terbantu
untuk menentukan suatu kebijakan tentang pajak dan penetapan suatu harga
barang.
7. Mencapai kebijakan Nilai Suatu
Ekonomi
E-Goverment juga
sangat membantu mengurangi gejala korupsi yang sering terjadi dan sering
membuat keluh kesal Masyarakat kepada Masyarakat. Maka, dengan adanya Aplikasi
pemerintah ini meringakan keluh kesah Masyarakat dan meningkatkan kepercayaan Masyarakat
kepada pemerintah.
8. Mendapatkan sumber pekerjaan Baru
Selain dari atas
E-Goverment juga memberikan peluang kepada Masyarakat untuk mencari pekerjaan
baru yang dijajakan dan diinformasikan dari aplikasi atau web pemerintah yang
disebut E-Goverment.
9. Menciptakan Lingkungan Masyarakat
Baru
Dengan adanya
E-Goverment ini sangat berfungsi untuk menciptakan lingkungan baru yang cepat
dan tepat dengan membuat semacam group khusus untuk membahas kasus tertentu.
10. Mengurangi biaya Adiminstrasi
Dengan adanya
E-Goverment ini mengurangi biaya pengirimana seperti kartu keluarga,ktp data
lainnya melalui pos. Tentu dengan adanya ini Masyarakat hanya perlu menscan
data dan mengirimkan data tersebut melalui via email atau dari situs web yang
berlangsung.
- Kerugian
E-Goverment
1. Kemampuan Masyarakat Dalam
Mengakses Internet
Karena E-Goverment
ini berbasis online, dikhawatirkan masih banyak Masyarakat awam yang belum mengetahui
cara mengakses/menggunakan aplikasi/website yang tersedia.
2. Layanan Server Yang Belum Maksimal
Transfer data yang
masih kurang memadai sehingga banyak terjadinya error/bug, dan kurangnya
keamanan data dapat mengakibatkan data dicuri dari pihak-pihak yang tidak
bertanggung jawab.
3. Kurangnya Tenaga Kerja Di Bidang
Teknlogi Informasi
Masih kurangnya
sumber daya manusia yang mengerti akan teknologi informasi, yang mengakibatkan
situs website atau aplikasi tersebut jarang terjadi pembaharuan dan backup data.
4. Masih Marak Terjadinya Cyber Crime
Dimana masih
kurangnya keamanan data maka dapat dikhawatirkan terjadinya cyber crime yang
dapat mengakibatkan layanan server menjadi kacau dan masyarakat tidak dapat
mengakses error diretas oleh hacker.
5. Anggaran Dana Yang Tidak Memadai
Anggaran dana yang
tidak memadai dapat mengakibatkan kurangnya pengembangan situs web atau
aplikasi tersebut. Mengakibatkan daerah tersebut tidak adanya layanan
E-Goverment.
6. Kurang nya komunikasi
Dengan adanya
E-Goverment ini membuat pemerintah dan Masyarakat kurang nya komunikasi secara
langsung sehingga sangat rentan membuat Masyarakat kurang mengenal pemimpin
bahkan pejabat tertinggi disuatu daerah tersebut.
7.
Penyalahgunaan Layanan keluhan
Jika diluar dari
dunia digital atau dunia elektronik layanan keluhan pasti akan bertemu dengan
staffa atau penjaga dari suatu bagian dari layanan keluahan tersebut. Tetapi
jika kita menggunakan Layanan keluhan tak sedikit orang memanipulasi kan data
keluhan yang dibuat nya seakan akan
terjadi hal yang serius. Contoh keluhan tentang wabah penyakit akibat
berdirinya pabrik baru di daerah jalan utomo. Padahal, jika diteliti jalan
utomo adalah jalan akses Kereta api.
8. Jaringan
yang kurang memadai
Untuk
daerah perkotaan mungkin askses jaringan begitu cepat dan sangat memdai. Tapi
gimana hal nya untuk jaringan di daerah tertentu seperti hal nya diaerah
terpencil atau terpolosok sana. Sangat minim sekali jaringan yang di dapatkan.
Hal ini akan menghambat proses dari E-Goverment.
9. Data yang kurang
valid
Ini salah satu hal
yang menghambat proses E-Goverment berjalan dengan baik. Mungkin dari
penjelasan di website atau di aplikasi E-Goverment tidak mempunyai data atau
penjelasan yang jelas sehingga user atau pengguna sering mengalami salah
informasi contoh nya ketika ingin mengirim data berupa ktp atau kartu keluarga.
Tapi website hanya meminta foto individu 2X4 berwarna.
10. Databse website yang kurang
memadai
Data untuk user,pengguna atau Masyarakat
dibutuhkan tempat data yang besar. Untuk data yang besar harus menggunakan
banyak server. Bayangkan berapa ribu data dari suatu daerah yang harus
disimpang kedalam datbase yang berukuran kecil akibanya data hilang dan rusak.
Contoh E-Goverment dikota bekasi adalah :
Bekasikota.go.id ini menyediakan
bebagai macam fitur menarik contohya menu Transparasi apabaila kita mengklik Menu
TRANSPARASI ini maka website nya akan memunculkan berita tentang APBD (Anggaran
Pendapatan dan Belanja Daerah) pada menu transparasi ini akan menampilkan
Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang disingkat APBD mulai dari awal
tahun 2011 sampai awal tahun 2018. Ini lah fungsi nya layanan E-Goverment
pemerintah. Jadi Masyarakat bisa mengakses
dan mengetahui anggaran- anggaran yang digunakan per bulan bahkan
pertahun dimana saja dan kapan saja.
Bukan hanya itu saja Website ini
menyedikan banyak fitur yang menambah wawasan contoh nya adalah fitur “sejarah”
dari kota bekasi ini. Ini adalah salah satu bentuk website yang menjajakan
fitur yang sangat menarik terlagi banyak Masyarakat khusunya asli dari kota
bekasi yang banyak belum tahu akan sejarah kota nya sendiri. Dengan adanya
fitur ini sangat membantu sekali tanpa perlu harus pergi ke perpustakaan untuk
mencari sejarah dan perkembangan kota Bekasi tersebut.
Dengan adanya fitur atau menu Visi
dan Misi Masyarakat bisa melihat sebatas mana kinerja yang dilakukan pemimpin
atau pemerintah yang bersangkutan terhadap daerah atau kota yang dikelola nya
dengan membandingkan dengan visi dan misi yang di jelas kan pada menu ini.
Sehingga Masyarakat dapat menilai sendiri dengan kondisi dan infrastruktur baik
dari pembangunan,kebersihan,tata letak,ekonomi bahkan penetapan harga terhadap
suatu barang.
Jika kita mengscroll
sedikit kebawah kita akan dijajakan tampilan mengenai berita terbaru dan
terupdate pada hari yang bersangkutan. Contoh nya pada tanggal 23 bulan Mei
tahun 2018 beberapa hari yang lalu diadakan nya “Diskusi
Publik Ormas Pancasila Berdaya untuk Indoensia Digdaya, KOMINFO Ajak Ormas di
Bekasi”. Dengan hal demikin menambah wawasan pengguna website ini.
Bukan hanya itu dibagian sebelah
kiri dengan bertuliskan subjudul Goverment ini menyediakan dan memberikan
informasi diantaranya adalah: Optimalkan Lahan Sawah jika kita kliki pada
bagian ini maka otomatis akan langsung menuju web yang bersangkutan,tidak
berenti disana saja layanan ini menampilkan “Riset kesehatan 2018,Program
Beasiswa Santri Berprestasi 2018,dan Kebijakan Lalin Tol Jakarta-Cikampek.
Apabila kita klik tulisan teresebut maka akan menuju ke website yang
bersangkutan. Jika kita mengklik artikel “Program Beasiswa Santri Berprestasi
2018” maka akan menuju ke website Kominfo. Begitu juga dengan seterusnya.
Sedikit bergeser ke sebelah kanan,
pada bagian ini sering dipamerakan atau di publikasikan mengenai kinerja
pemerintah kiat untuk menyelesaikan Visi dan Misi yang telah di sepekati
bersama oleh pemerintah setempat. Dengan berita ini menambah wawasan Masyarakat
dan menambah kepercayaan Masyarakat program kinerja pemerintah untuk
mensuksesakan Kota Bekasi ini.
Contoh E-Goverment dalam bentuk aplikasi mobile:
|
“Bekasi Smart City”
è E-Goverment berbasis android smartphone adalah “Bekasi Smart City”. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur mulai dari keluhan,tempat wisata,berita bahkan tempat-tempat tertentu yand ada di daerah kota bekasi. Bukan hanya itu aplikasi ini menyediakan berita terkini seputar bekasi baik itu tentang ekonomi,sensus penduduk, peraturan baru yang telah di tetapkan oleh pemerintah Kota Bekasi. Tidak hanya itu saja Masyarakat atau pengguna dari aplikasi ini dapat berinteraksi dengan layanan dari “Bekasi Smart City” dengan menekan tombol “Call Center"
v Dengan adanya aplikasi “Bekasi Smart City” masyarakat dapat memberi masukan terhadap lingkungan sekitar. Dengan mengirim bukti berupa picture pengguna dapat membuat keluhan yang akan diteruskan kepada pihak terkait sehingga keluhan dapat diatasi dengan baik. Contohnya: pengguna atau user atau juga Masyarakat mengeluhkan tentang jalan yang rusak pengguna tersebut cukup mengklik Pada bagian Keluahan dan mengisi berupa nama,alamat,no hp dan lain lain.
|
u Dengan
aplikasi “Bekasi Smart City” ini pengguna dapat mengetahui wisata diseluruh
kota bekasi, sehingga masyarakat tidak bosan berwisata ke satu tempat saja
melainkan berbagai tempat lainnya dibekasi. Terlagi kusus pengguna bukan orang
bekasi sangat bermanfaat jika mereka berdestinasi dan berrekreasi ke tempat
wisata di kota Bekasi ini.
·
Dengan adanya aplikasi “Bekasi Smart city” ini pengguna atau user dapat mengetahui
berita-berita dikota bekasi. Selain berita, masyarakat juga bisa melihat
nomor-nomor atau contact person darurat yang bisa dihubungi jika terjadi dalam
keadaan darurat jika mengalami atau insiden sesuatu.
BAB III KESIMPULAN
Pada
dasarnya E-Goverment ini dapat dikatakan sebagai alat atau penyedia layanan
masyarakat yang berbasis online yang disediakan pemerintah kepada masyarakat.
Dimana dengan adanya E-Goverment ini,
dapat meningkatkan hubungan yang semakin baik antara masyarakat dengan
pemerintah. Melalui situs website atau aplikasi yang sudah disediakan,
masyarakat kini dapat dengan lebih mudah memperoleh informasi-informasi atau
program pemerintah yang sedang dikerjakan, serta masyarakat juga dapat
menyampaikan keluh kesahnya melalui situs website atau aplikasi yang sudah
disediakan. Secara tidak langsung, keluh kesah ini dapat membangun pemerintah
untuk meningkatkan kinerjaatau sistem pemerintahan yang lebih baik lagi untuk
kedepannya. Namun sangat disayangkan, masih banyak masyarakat yang tidak menyadari
akan betapa pentingnya E-Goverment ini.
Daftar Pustaka:
Komentar
Posting Komentar