E-GOVERMENT





 

Tugas Softkill

E-GOVERMENT




Kelompok 5

Nama
Npm
Athayani Imtinan
11116173
Deki Cahyono
11116781
Danny Eko Herwibowo  
11116709



Dosen : M. ACHSAN ISA AL ANSHORI, SKom,MMSI





 
Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi



 
Universitas Gunadarma
ATA 2017/2018






BAB 1
PENDAHULUAN

    A.  Latar Belakang Masalah

Zaman terus maju tak heran jika kian hari kian bertambah majunya teknologi informasi baik di dalam dunia pekerjaan meliputi kodekteran, keperawatan, pendidikan, agama,bahkan masuk ke dunia politik. Tak heran lagi jika dari orang dewasa sampai kanak-kanak banyak bahkan masuk ke dunia politik. Tak heran lagi jika dari orang dewasa sampai kanak-kanak banyak yang menggunakan aplikasi berbasis desktop ataupun aplikasi berbasis android yang sering kita gunakan sehari-hari.
Tak heran jika sekarang E-Goverment menjadi tren populer di berbagai negara-negara berkembang, sehingga mereka belomba-lomba membangun dan mengimplementasikan E-Goverment dengan cara nya masing-masing. Banyak sekali masalah di daerah daerah terpencil yang sangat jarang sekali adanya komunikasi,informasi bahkan teknlogi informasi yang mutahir. Dengan hadir nya E-Goverment inovasi dari pemerintah ini bisa meringankan masalah baik berupa data,informasi keluahan masyarakat bahkan sdm(sumber daya manusia).
Permasalahan yang dihadapi di daerah tertentu terkadang belum ada nya sistem informasi yang jelas sehingga akibatnya data kependudukan harus dikirim melalui manual. Menempuh jarak yang jauh, jalan yang kurang memadai dan tak sedikit banyak data informasi dari daerah tertentu yang tak sampai kepada pemerintah dikarenakan pengiriman dan sebagainya.



BAB II
PEMBAHASAN

 B.Perkembangan E-Goverment

E-Goverment adalah singkatan dari Elektronik Pemerintah(Goverment) atau sering disebut dengan pemerintah digital, e-gov, layanan pemerintah atau bisa juga disebut pemerintah informasi. Dimana E-Goverment ini bekerja supaya perkembangan penyediaan layanan masyarakat kepada pemerintah terasalurkan dengan mudah. E-goverment ini sangat mengedepankan layanan elektronik agar warga atau masyarakatnya mudah mengakses, data, kependudukan, bisnis ataupun apa saja yang berhubungan dengan pemerintah.
Ada 4 cara untuk penyampain E-Goverment :
1. Goverment to Citizen atau Goverment to Customer (G2C)
Model ini penyampaian kepada publik yang bersifat umum artinya siapa saja berhak mengakses dan memakai layanan tersebut. Contoh pada model ini yang sering digunakan oleh masyarakat antara lain:
a.               Pajak online
b.              Layanan kesehatan
c.               Mencari pekerjaan
d.              Dokumen pribadi
e.               Beasiswa,dan
f.                Penanggulana Bencana.
2. Goverment -to-Business(G2B) 
Pada model ini sering digunakan untuk melakukan transaksi-transaksi berbasis dimana pemerintah sudah menyediakan berbagai informasi yang nanti bisa dipakai masyarakat agar mencapai efisien dan efektif.
Contoh hal G2B ini adalah Pajak Peseroan, bahan ada cv pun turut ikut menggunakan layanan yang berbasis ini untuk melunasi segala pajak-pajak yang digunakan,pendafataran perusahaan,perijinan surat tanah,dan berbagai perijinan.



3. Goverment-to-Goverment( G2G)
Layanan pemerintah yang satu ini sedikit bebeda dengan layanan Goverment yang lainnya. Karena, pada model ini sering digunakan untuk konsultasi,pendidikan secara online banyak data yang digunakan adalah data data pribadi.
4. Government-to-Employees (G2E)
E-Goverment jenis ini untuk meningkatkan kinerja dan kelangsungan hidup pegawai negeri atau pekerja pemerintah. Contoh nya adalah sistem pengembangan karir karyawan.

C. Layanan E-Goverment

-  Keuntungan E-Goverment
Keuntungan yang didapatkan jika E-Goverment ini diterapkan dengan benar adalah:
1. Memberikan Pelayanan kepada Masyarakat
E-Goverment ini sangat bermanfaat untuk masyarakat karena pemerintah memberikan pelayanan yang tidak ada ada pernah berhenti 24 jam sehari semalam,bahkan dihari libur pun masyarakat masih bisa menyampaikan keluh kesah nya.
2. Meningkatkan Hubungan Antara Pemerintah dengan Masyarakat
Dengan adanya E-Goverment hubungan antara masyarakat dan pemerintah  makin dekat, segingga masyarakat lebih mudah dalam menyampaikan keluhan sehingga tidak ada lagi antrian dibagian layanan pengaduan masyarakat
3. Mempengaruhi Masyarakat Lewat Informasi-informasi yang bermanfaat
E-Goverment ini sangat bermanfaat untuk Masayrakat dengan informasi-informasi yang diupdate setiap saat, sehingga masyarakat tahu apa program-program pemerintah yang sedang dikerjakan.
4. Meningkatkan Efisiensi Waktu Dalam Pemerintahan
Dengan adanya E-Goverment hubungan antara pemerintah 1 dengan pemerintah yang lainnya dapat lebih efesien dalam segi waktu.



5. Meningkatkan Transparasi Antara Pemerintah dengan Masyarakat
Egoverment ini sangat bermanfaat bagi Masyarakat. Masyarakat jaadi lebih tahu apa yang dikerjakan pemerintah kepada masyarakat dan mengetahui aliran dana pemasukan dan pengeluaran untuk membangun dan mensejahterkan infratrustuktur daerah setemapat.
6. Mencapai hasil Kebijakan tertentu
Dengan adanya E-Goverment ini sangat terantunya kebijakan tertentu serperti contoh nya membantu dalam menentukan ide pendidikan terbaru infrastruktur bahan terbantu untuk menentukan suatu kebijakan tentang pajak dan penetapan suatu harga barang.
7. Mencapai kebijakan Nilai Suatu Ekonomi
E-Goverment juga sangat membantu mengurangi gejala korupsi yang sering terjadi dan sering membuat keluh kesal Masyarakat kepada Masyarakat. Maka, dengan adanya Aplikasi pemerintah ini meringakan keluh kesah Masyarakat dan meningkatkan kepercayaan Masyarakat kepada pemerintah.
8. Mendapatkan sumber pekerjaan Baru
Selain dari atas E-Goverment juga memberikan peluang kepada Masyarakat untuk mencari pekerjaan baru yang dijajakan dan diinformasikan dari aplikasi atau web pemerintah yang disebut E-Goverment.
9. Menciptakan Lingkungan Masyarakat Baru
Dengan adanya E-Goverment ini sangat berfungsi untuk menciptakan lingkungan baru yang cepat dan tepat dengan membuat semacam group khusus untuk membahas kasus tertentu.
10. Mengurangi biaya Adiminstrasi
Dengan adanya E-Goverment ini mengurangi biaya pengirimana seperti kartu keluarga,ktp data lainnya melalui pos. Tentu dengan adanya ini Masyarakat hanya perlu menscan data dan mengirimkan data tersebut melalui via email atau dari situs web yang berlangsung.




- Kerugian E-Goverment

1. Kemampuan Masyarakat Dalam Mengakses Internet
Karena E-Goverment ini berbasis online, dikhawatirkan masih banyak Masyarakat awam yang belum mengetahui cara mengakses/menggunakan aplikasi/website yang tersedia.
2. Layanan Server Yang Belum Maksimal
Transfer data yang masih kurang memadai sehingga banyak terjadinya error/bug, dan kurangnya keamanan data dapat mengakibatkan data dicuri dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
3. Kurangnya Tenaga Kerja Di Bidang Teknlogi Informasi
Masih kurangnya sumber daya manusia yang mengerti akan teknologi informasi, yang mengakibatkan situs website atau aplikasi tersebut jarang terjadi pembaharuan dan backup data.
4. Masih Marak Terjadinya Cyber Crime
Dimana masih kurangnya keamanan data maka dapat dikhawatirkan terjadinya cyber crime yang dapat mengakibatkan layanan server menjadi kacau dan masyarakat tidak dapat mengakses error diretas oleh hacker.
5. Anggaran Dana Yang Tidak Memadai
Anggaran dana yang tidak memadai dapat mengakibatkan kurangnya pengembangan situs web atau aplikasi tersebut. Mengakibatkan daerah tersebut tidak adanya layanan E-Goverment.
6. Kurang nya komunikasi
Dengan adanya E-Goverment ini membuat pemerintah dan Masyarakat kurang nya komunikasi secara langsung sehingga sangat rentan membuat Masyarakat kurang mengenal pemimpin bahkan pejabat tertinggi disuatu daerah tersebut.
7.  Penyalahgunaan Layanan keluhan
Jika diluar dari dunia digital atau dunia elektronik layanan keluhan pasti akan bertemu dengan staffa atau penjaga dari suatu bagian dari layanan keluahan tersebut. Tetapi jika kita menggunakan Layanan keluhan tak sedikit orang memanipulasi kan data keluhan yang dibuat nya  seakan akan terjadi hal yang serius. Contoh keluhan tentang wabah penyakit akibat berdirinya pabrik baru di daerah jalan utomo. Padahal, jika diteliti jalan utomo adalah jalan akses Kereta api.

8. Jaringan yang kurang memadai
Untuk daerah perkotaan mungkin askses jaringan begitu cepat dan sangat memdai. Tapi gimana hal nya untuk jaringan di daerah tertentu seperti hal nya diaerah terpencil atau terpolosok sana. Sangat minim sekali jaringan yang di dapatkan. Hal ini akan menghambat proses dari E-Goverment.
9. Data yang kurang valid
Ini salah satu hal yang menghambat proses E-Goverment berjalan dengan baik. Mungkin dari penjelasan di website atau di aplikasi E-Goverment tidak mempunyai data atau penjelasan yang jelas sehingga user atau pengguna sering mengalami salah informasi contoh nya ketika ingin mengirim data berupa ktp atau kartu keluarga. Tapi website hanya meminta foto individu 2X4 berwarna.
10. Databse website yang kurang memadai
 Data untuk user,pengguna atau Masyarakat dibutuhkan tempat data yang besar. Untuk data yang besar harus menggunakan banyak server. Bayangkan berapa ribu data dari suatu daerah yang harus disimpang kedalam datbase yang berukuran kecil akibanya data hilang dan rusak.




Contoh E-Goverment dikota bekasi adalah :



Bekasikota.go.id ini menyediakan bebagai macam fitur menarik contohya menu Transparasi apabaila kita mengklik Menu TRANSPARASI ini maka website nya akan memunculkan berita tentang APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) pada menu transparasi ini akan menampilkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang disingkat APBD mulai dari awal tahun 2011 sampai awal tahun 2018. Ini lah fungsi nya layanan E-Goverment pemerintah. Jadi Masyarakat bisa mengakses  dan mengetahui anggaran- anggaran yang digunakan per bulan bahkan pertahun dimana saja dan kapan saja. 
Bukan hanya itu saja Website ini menyedikan banyak fitur yang menambah wawasan contoh nya adalah fitur “sejarah” dari kota bekasi ini. Ini adalah salah satu bentuk website yang menjajakan fitur yang sangat menarik terlagi banyak Masyarakat khusunya asli dari kota bekasi yang banyak belum tahu akan sejarah kota nya sendiri. Dengan adanya fitur ini sangat membantu sekali tanpa perlu harus pergi ke perpustakaan untuk mencari sejarah dan perkembangan kota Bekasi tersebut.
Dengan adanya fitur atau menu Visi dan Misi Masyarakat bisa melihat sebatas mana kinerja yang dilakukan pemimpin atau pemerintah yang bersangkutan terhadap daerah atau kota yang dikelola nya dengan membandingkan dengan visi dan misi yang di jelas kan pada menu ini. Sehingga Masyarakat dapat menilai sendiri dengan kondisi dan infrastruktur baik dari pembangunan,kebersihan,tata letak,ekonomi bahkan penetapan harga terhadap suatu barang.


            Jika kita mengscroll sedikit kebawah kita akan dijajakan tampilan mengenai berita terbaru dan terupdate pada hari yang bersangkutan. Contoh nya pada tanggal 23 bulan Mei tahun 2018 beberapa hari yang lalu diadakan nya “Diskusi Publik Ormas Pancasila Berdaya untuk Indoensia Digdaya, KOMINFO Ajak Ormas di Bekasi”. Dengan hal demikin menambah wawasan pengguna website ini.
            Bukan hanya itu dibagian sebelah kiri dengan bertuliskan subjudul Goverment ini menyediakan dan memberikan informasi diantaranya adalah: Optimalkan Lahan Sawah jika kita kliki pada bagian ini maka otomatis akan langsung menuju web yang bersangkutan,tidak berenti disana saja layanan ini menampilkan “Riset kesehatan 2018,Program Beasiswa Santri Berprestasi 2018,dan Kebijakan Lalin Tol Jakarta-Cikampek. Apabila kita klik tulisan teresebut maka akan menuju ke website yang bersangkutan. Jika kita mengklik artikel “Program Beasiswa Santri Berprestasi 2018” maka akan menuju ke website Kominfo. Begitu juga dengan seterusnya.
            Sedikit bergeser ke sebelah kanan, pada bagian ini sering dipamerakan atau di publikasikan mengenai kinerja pemerintah kiat untuk menyelesaikan Visi dan Misi yang telah di sepekati bersama oleh pemerintah setempat. Dengan berita ini menambah wawasan Masyarakat dan menambah kepercayaan Masyarakat program kinerja pemerintah untuk mensuksesakan Kota Bekasi ini.
Contoh E-Goverment dalam bentuk aplikasi mobile:








 

“Bekasi Smart City”








è E-Goverment berbasis android smartphone adalah “Bekasi Smart City”. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur mulai dari keluhan,tempat wisata,berita bahkan tempat-tempat tertentu yand ada di daerah kota bekasi. Bukan hanya itu aplikasi ini menyediakan berita terkini seputar bekasi baik itu tentang ekonomi,sensus penduduk, peraturan baru yang telah di tetapkan oleh pemerintah Kota Bekasi. Tidak hanya itu saja Masyarakat atau pengguna dari aplikasi ini dapat berinteraksi dengan layanan dari “Bekasi Smart City” dengan menekan tombol “Call Center"

             

 

v Dengan adanya aplikasi “Bekasi Smart City” masyarakat dapat memberi masukan terhadap lingkungan sekitar. Dengan mengirim bukti berupa picture pengguna dapat membuat keluhan yang akan diteruskan kepada pihak terkait sehingga keluhan dapat diatasi dengan baik. Contohnya: pengguna atau user atau juga Masyarakat mengeluhkan tentang jalan yang rusak pengguna tersebut cukup mengklik Pada bagian Keluahan dan mengisi berupa nama,alamat,no hp dan lain lain.






u Dengan aplikasi “Bekasi Smart City” ini pengguna dapat mengetahui wisata diseluruh kota bekasi, sehingga masyarakat tidak bosan berwisata ke satu tempat saja melainkan berbagai tempat lainnya dibekasi. Terlagi kusus pengguna bukan orang bekasi sangat bermanfaat jika mereka berdestinasi dan berrekreasi ke tempat wisata di kota Bekasi ini.



·         Dengan adanya aplikasi “Bekasi Smart city” ini  pengguna atau user dapat mengetahui berita-berita dikota bekasi. Selain berita, masyarakat juga bisa melihat nomor-nomor atau contact person darurat yang bisa dihubungi jika terjadi dalam keadaan darurat jika mengalami atau insiden sesuatu.



                  BAB III KESIMPULAN

Pada dasarnya E-Goverment ini dapat dikatakan sebagai alat atau penyedia layanan masyarakat yang berbasis online yang disediakan pemerintah kepada masyarakat. Dimana dengan adanya E-Goverment ini,  dapat meningkatkan hubungan yang semakin baik antara masyarakat dengan pemerintah. Melalui situs website atau aplikasi yang sudah disediakan, masyarakat kini dapat dengan lebih mudah memperoleh informasi-informasi atau program pemerintah yang sedang dikerjakan, serta masyarakat juga dapat menyampaikan keluh kesahnya melalui situs website atau aplikasi yang sudah disediakan. Secara tidak langsung, keluh kesah ini dapat membangun pemerintah untuk meningkatkan kinerjaatau sistem pemerintahan yang lebih baik lagi untuk kedepannya. Namun sangat disayangkan, masih banyak masyarakat yang tidak menyadari akan betapa pentingnya E-Goverment ini.


Daftar Pustaka:









Komentar

Postingan Populer