Rancangan kerja sebagai Andorid Developer

RANCANGAN KERJA ANDROID DEVOLOPER

Gambar1.1

Latar belakang

Baiklah sebelum kita masuk ke rancangan kerja sebagai Andoid Developer adakalanya kita mengetahui keuntungan jika kita mempelajari Andorid Developer.

Andoroid Developer adalah pengembangan suatu bahasa pemrograman yang nanati nya menghasil kan aplikasi berbasis Andorid dengan penghubung tertentu (Andoid studio & Ecpilse).Pada tahun 2016 indonesia termasuk data paling terbanyak pengguna andorid dari khalangan kanak-kanak sampai orang dewasa. Tak heran jika sekarang siswa siswi smp bahkan sma sudah mempunyai handphone berbasis andorid.

Dalam penelitian sangat digunakan dalam waktu yang panjang takheran jika kita sekarang lagi membahas rancangan kerja sebagai Android Developer. Apa aja sih keuntungan jika kita mempelajari bahas pemrograman berbasis Andorid Developer ini?

- Mempermudahkan kita untuk mengikuti perkembangan zaman,karena andoid ini termasuk OS berbasis smartphone yang populer di Indonesia bahkan dunia.

- Mempermudahkan kita mempelajari bahasa pemrograman yang lainnya,karena andorid juga merupakan turunan dari bahasa pemrograman yang lainnya,contoh: php,css,c++ dll.

- Mempermudahkan kita dalam mencari pekerjaan. Karena, sekarang banyak perusahaan membutuhkan team ahli IT dibidang Andoroid Developer.

Sebenar nya masih banyak lagi keuntunganya,Contoh diatas hanya beberapa keuntungan dari mempelajari Android Developer.Kita sudah membahas keuntungan mempelajari bahas pemrograman berbasis Andorid sekarang ada beberapa syarat jika ingin menjadi pengembang andorid atau yang sering kita sebut Andorid Developer.

- NIAT/TEKAD

What?kok niat sih?bukan nya kita harus belajar ini ngapalin ini harus gini harus gitu. Banyak orang/programmer sekarang tidak memerhatikan hal ini. Yuuup,kita harus punya niat dan tekad yang kuat. Pada awal nya yg harus kita butuhkan adalah niat yang baik dan tulus,dan bergandengan dengan tekad yang kuat. Tidak ada yang sia sia jika kita berusaha dengan semangat jua dan tidak yang tidak mungkin jika kita berusaha dengan sungguh-sungguh. Sekarang,niatkan dan tekad kan dalam dirimu jika kamu bahkan semua orang bisa menjadi programmer yang handal.

Yuup,setalah mentekadkan bahwa kamu bisa jadi programmer yang handal sekarang tekadkan jika sekarang mulai fokus untuk mempelajari hal yang baru yang belum pernah sama sekali belum pernah dipelajari sebelum nya dan apresiakan dirimu bisa melewati ini semua :) Seperti kata hadis nabi yang Manjadda Wajjadda = (jika kita bersungguh-sungguh maka akan berhasil).

- APLIKASI ANDROID

Gambar2.1

          Untuk menjadi Andoroid Developer tentu saja kita harus mempunyai bahan untuk mebuat aplikasi tersebut. Nah, sebenarny pilihan untuk membuat aplikasi berbasis Android ini teman-teman bisa menggunakan (Andoroid Studio,esclipse,unity3d dll). Tapi disini saya menyarankan anda untuk mendwonload Andoroid Studio saja karena dari opsi-opsi pada program nya gampang di mengerti dan mudah digunakan untuk pemula. Tentu nya dari 3 pilihan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tergantung si programmer suka menggunakan yang mana.

- BAHASA PEMROGRAMAN

Gambar 3.1

          Tentu saja untuk membuat aplikasi andoroid kita juga membutuhkan bahasa pemrograman, sama hal nya dengan membuat berbagai aplikasi berbasis andoroid,web desktop maupun game rata-rata harus menguasai bahasa pemrograman. Beda jenis beda juga bahas pemrograman yang harus dipelajari. Nah, untuk Android sendiri apa saja sih bahasa pemrograman yang harus dipelajari dan didalami lebih dalam lagi?
JAVA

Gambar 4.1

          Java dan Xml merupakan salah satu bahasa pemrograman yang penting dalam mengembangkan pemrograman Android. Jadi jika kalian tidak terlalu mahir menggunakan bahasaa pemrograman Android tenang saja tidak usah kawatir karena pada program Andoroid  Studio mempunyai Open Source artinya tidak terkait dengan pihak mana pun dan lembaga pusat, ini juga menggunakan source-code yang artinya kamu bisa gunakan dimanapun tanpa batas.

XML
Gambar 5.1

            Selain memepelajari bahasa pemrograman Java yang nanti nya akan digunakan dalam membuat aplikasi berbasis Android kita juga harus memperdalam bahasa pemrograman Xml. Guna nya untu apa sih kita mempelajari Xml ini? Xml singkatan dari (Extensible Markup Language) digunakan untuk membuat dan juga mendasain suatu aplikasi andoroid agar terlihat lebih menarik dan dinamis.

- DESAIN GRAFIS

Gambar 6.1

          Banyak progammer sedikit sekali memerhatikan hal ini padahal pada bagaian desain ini sangatlah memabantu Grade suatu aplikasi yang ada ciptakan. Beda dengan aplikasi berbasis web yang hanya ditampilkan di dalam google sedangkan dengan Andoroid ini semua orang memakai nya. Jadi, jika user melihat tampilan yang digunakan tidak menarik kemungkinana user tidak akan terus menggukana aplikasi tersebut malah justru user akan meng unistall aplikasi nya.

            Hal ini harus benar benar diperhatikan dari bentuk face,backgorund bahkan ikon harus benar benar diperhatikan. Karena, aplikasi android ini pasar user yang pertama kali dilihatnya adalah tampilan nya bukan isi dari aplikasi nya

- DATABASE


 Gambar 7.1

          Tidak hanya web saja yang menggunakan database bahkan untuk aplikasi berbasis android pun mempunyai database. Fungsi nya disini ya sama dengan database-database yang lainnya. Untuk menyimpan data yang mempunyai data yang banyak. Agar data bisa terjaga dengan aman. Kita bisa memelih salah satu dari banyak pilihan seperti diatas contoh nya saja ita menggunkan SQL(Stuctured Programming Language) salah satu database yang sangat populer sering digunakan para programmer dari kelas bawah sampai senior yang mahir.

 - Money
Gambar 8.1

          Kenapa yang terkahir harus money?yup, setalah kita membuat aplikasi android tentunya kita pasti menginginkan orang juga menikmati aplikasi buatan kita sendiri. Setelah kita membuat aplikasi saat nya kita mempublikasikan nya contoh Goggle Play Store,Amazon,AppStore, dan lain-lain. Biasanya untuk mempublikasikan di tarif dengan harga Rp 325.00,-

Nah, mungkin hanya itu dasar-dasar syarat jika kita ingin menjadi Android Developer. Tentu nya masih banyak lagi syarat-syarat yang harus kita gunakan namun syarat diatas adalah syarat yang paling penting dalam membuat aplikasi Android.

ISI
            Baiklah untuk menjadi Progammer handal bahkan untuk menjadi Android Studio pun tidaklah mudah kita harus memulai stag dari awal dan tekad yang kuat terkadang banyak pemula bahkan senior pun banyak yang sudah berjalan ditengah malah berhenti karena sudah bosan atau sudah menyerah. Programmer seperti anda tidaklah boleh malas dan manja.

            Beda dengan web devoloper mempunyai posisi tersendiri jika pada pembuatan web kita harus membagi bagian secara khusus web design dan web developer tapi Android Studio ini bisa mengerjakan semuanya sendiri karena untuk pembuatan aplikasi hadphone biasanya si pembuat only one tidak mempunya rekan atau tambahan orang yang mempunyai kerja yang khusus.

            Tidak perlu membuat ALGORITMA yang panjang kita hanya menentukan objek apa saja yang ingin kita gunakan nanti pada saat aplikasi Launching. Dan kita hanya menentukan hal yang menarik dan inovasi apa yang ada pada aplikasi yang kita buat. Karena aplikasi berbasis Android ini harus mempunyai inovasi yang beda dengan aplikasi yang lainnya.

            Jika,kita tidak ingin mempunyai teman untuk membantu membuat aplikasi secara bersama setidaknya kita mempunyai guru teman atau siapapun itu yang senior yang mampu membimbing anda dalam pengerjaan project anda saat ini.

            Dan perhantikan juga ikon-ikon yang anda buat jangan sampai aplikasi yang anda bangun dengan memakai waktu yang cukup lama malah di blokir oleh pihak Google karena banyak ikon yang menjimplak atau tidak mempunyai hak izin dalam ikon dan tampilan yang anda buat. Kita juga harus mempunyai database yang aman agar nanti aplikasi yang anda buat tidak mudah di hack sama orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Kita juga perlu memerhatikan apliksi yang kita buat security nya apabila security kita lemah maka sangat gampang sekali aplikasi yang kita buat di hack atau dibobol orang lain.

KESIMPULAN

        Jadi, jika ingin membuat aplikasi berbasis andorid tidak lah mudah, kita harus menguasasi beberapa bahasa pemrograman bahkan untuk design pun kita harus memikirkan nya. Kunci nya jangan malas dan manja,programmer itu terkadang tidak mempunyai rekan semuanya dilakukan sendiri. Nah, jadi kita harus mengerjakan semuanya dengan sendiri. Jika kita menginginkan orang untuk berbagung dalam pembuatan project aplikasi kita jangan sampai kita mengajak orang untuk menjadi rekan kerja pembuatan aplikasi berbasis android ini,sudah berjalan setangah. Kita harus melibatkan orang lain dari awal karena bisa jadi ada hal hal yang tertentu yang tidak diketahui rekan kerja anda itu. Kita juga harus sering belajar tentang bahasa pemrograman Android Studio yang kita tidak diketahui dari orang lain atau mengikuti tutorial atau di youtube.

REFERENSI


Komentar

Postingan Populer