LAPORAN AKHIR LAB SI KE-4 (VISUAL BASIC)





LAPORAN AKHIR





NAMA                                                : DEKI CAHYONO

KELAS                                               : 1KA29

NPM                                                   : 11116781

MATERI                                             : VISUAL BASIC

TANGGAL PRAKTIKUM                  : 02 NOVEMBER 2016

KETUA ASISTEN                             : JEVON A

ASISTEN BARIS                              : HILYATUL










       PARAF ASISTEN



(.................................)



LABORATORIUM SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2016/2017



Pertemuan 4
Pengertian: VISUAL BASIC merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM), VISUAL BASIC merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat. 
Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft VISUAL BASIC Program-program yang ditulis dengan VISUAL BASIC juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan. Dalam pemrograman untuk bisnis, VISUAL BASIC memiliki pangsa pasar yang sangat luas.

Pertama harus ada Software VISUAL BASIC dan sudah di instal di kompoter .. Kalo belum ya instal dulu lah
Kalo udah di instal,pilih program  Microsoft Visual Studio 6.0 selanjutnya microsoft Visual Basic 6.0
Setelah dipanggil VISUAL BASIC, akan tampil kotak dialog NEW PROJECT VISUAL BASIC Pilih Standart EXE. Kemudian Klik tombol Open.

VISUAL BASIC Banyak menyediakan komponen kontrol yang berguna untuk membuat elemen kontrol pada form.Kalo mau mengetahui nama dari komponen – komponen nya, letak in aja pointer mouse beberapa saat, pasti akan tampil nama komponen yang di inginin seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

1. OLE, di guna in buat ngehubung in software lain ke form
2. Pointer,di guna in buat milih komponen,
3. Picture Box,di guna in buat nampil in gambar,icon
4. Label, di guna in untuk buat text seperti judul dsb
5. text Box, di guna in buat Entry – output data / mengubah teks,
6. Frame, di guna in buat bingkai,
7. Commond Botton, di guna in ya.. buat tombol
8. Check Box, di guna in buat kontrol pilihan,dimana kontrol ini Terpilih apabila diklik pada kotak tersebut.Antara satu Check Box sama Check Box yang lain.enggak saling berpengaruh (lebih dari 1 Check box boleh dipilih).
9. Check Box, di guna in buat kontrol pilihan,dimana kontrol ini Radio Botton, di guna in buat Kontrol pilihan,dimana kontrol ini dipilih apabila di klik pada kotak tersebut.Antara satu Radio Button ama radio button laen saling berpengaruh. (hanya ada 1 radio button yang dipilih).
10. Combo Box, di guna in buat kontrol Kombinasi Antara edit box ama list box.Pilihannya dengan cara menuliskan ato mengkliknya
11. List Box, di guna in buat nampilin daftar pilihan yang bisa dipilih. Pilihannya bisa 1 atau lebih
12. Horizontal Scroll Bar, di guna in buat penggulung tampilan secara Horizontal.
13. Vertical Scroll Bar, di guna in buatpenggulung tampilan secara vertical .
14. Timer, di guna in buat Kontrol waktu.
15. Drive List Box, di guna in buat nampil in drive yang ada dikomputer.
16. Dir List Box, di guna in buat nampil in Direktori / folder.
17. File List Box, di guna in buat nampil in file – file.
18. Shape, di guna in buat kotak,persegi panjang ato lingkaran
19. Line, di guna in buat Garis.
20. Image, di guna in buat gambar ato Icon.
21. Data, di guna in buat ngehubung in data base ke form
Ini adalah gambar utuk hasil dari yang atas nya..



PENGENAL (Identifier)
Biasa nya di pakai buat menyatakan variable,fungsi,tipe data,label konstanta, obyek atau hal lain yang di deklarasikan oleh Programmer. Dalam Penulisan pengenal harus menggunakan Huruf, Tidak boleh berupa angka atau tanda simbol laen. Misal # , @ , * , dan laen sebagainya. Apabila lebih dari satu kata maka di hubungkan dengan Garis bawah (Misal : Mawar_Kuning).
         
Baik lah disini kita akan menjalakan program dari VISUAL BASIC disini saya akan menjalankan sebuah program sederhana yaitu MENENTUKAN BILANGAN GANJIL GENAP  pada VISUAL BASIC. Disini saya akan membuat 2 program sederhana pada VISUAL BASIC.   
          LOGIKA :
Langka pertama buatlah buatlah 3 kotak pada VISUAL BASIC ,tentunya pada masing-masing kotak tersebut mempunyai nama yang berbeda dan fungsi yang berbeda pula.

Program 1
Selanjutnya langkah 1.Buat lah text box berbentuk kotak disini fungsi untuk memasukkan nilai.
langkah 2.Buat lah Comaand Button berbentuk kotak disini berfungsi sebagai tempat memasukkan codingan nya dan tempat untuk meruning program apabila kita sudah nyenyelesaikan codingannya.
Langkah 3. Membuat label yang berbentuk kotak juga tapi fungsi label disini sebagai tempat hail meruning atau tempat hasil akhir apabila program berlangsung.
Tempat label,text box dan comand Button itu disamping kiri




Langkah4. Memasukkan codingan seperti ini :
                           If Val(Text1.Text) Mod 2 = 0 Then
Label1.Caption = Text1.Text  + “ Adalah Bilangan Genap “
                           Else
Label1.Caption = Text1.Text  + “ Adalah Bilangan Ganjil “

                      End Sub
Maka hasil nya akan seperti ini :



Langkah5. Selanjutnya anda bisa menekan F5 atau menekan tombol berbentuk lupis pada bagian atas program visual basic anda yang ada pada layar monitor atau layar computer/PC anda maka hasil akan seperti ini:

Langkah6. Bisa anda lihat dibawah ini hasil program tadi yang sudah kita jalankan langkah selanjutnya adalah memasukkan angka pada kotak Text box atau kotak yang paling atas dan kotak yang berwarana putih ini

Langkah7. Masukkan angka 21 pada kotak Text box atau kotak yang paling atas tempat nya dan kotak yang berwarna putih ini
Ini lah hasil nya bisa anda lihat sendiri:







Langkah 8. Mengeklik kotak nya comand button atau kotak pada baris kedua atau juga kotak yang bertuliskan proses .
maka hasil nya akan seperti ini:




Disana bisa anda lihat saya memasukkan angka 21 makan hasil nya 21 Adalah Bilangan Ganjil
Langah 9. Masukkan angka 24 pada kotak Text box atau kotak yang paling atas tempat nya dan kotak yang berwarna putih ini
Ini lah hasil nya bisa anda lihat sendiri:





Langkah10.Mengeklik kotak nya comand button atau kotak pada baris kedua atau juga kotak yang bertuliskan proses .

maka hasil nya akan seperti ini:




Disana bisa anda lihat saya memasukkan angka 24 makan hasil nya 21 Adalah Bilangan Genap

Disana saya membuat 2 hasil program nya yang satu untuk bilangan Ganjil dan yang satu lagi untuk bilangan genap , si program akan otomatis berkerja sesuai codingan kita tadi. Apabila codingan nya salah makan akan mucul eror atau biasaya warna pada codingan nya berubah menjadi merah atau orange.
Gimana??sangat mudah bukan membuat sebuah program sederhana nya. Yang penting itu kita enggak salah codingan nya dan harus benar-benar teliti






Program 2
LOGIKA:
Langkah1: Buatlah 11 kotak pada pada VISUAL BASIC anda tentunya fungsi dari kotak-kotak ini jelas berbeda dan keguanan nya juga berbeda.
Letak dari perintah-perintah ini pada VISUAL BASIC di sebelah kiri pada tampilan VISUAL BASIC atau di sebeleh kiri pada layar tampilan computer/PC anda.
Langkah2. Buatlah label berbentuk kotak menjadi 8 bagian,buatlah Text box 2  bagian dan membuat Comand Button 1 bagian.
Langkah3. Mengganti kotak-kotak tersebut menjadi nama-nama yang kita butuhkan nanti.
Gantilah Label1: menajadi NILAI UTS  nya disini untuk pemberi judul pada hasil akhir nya nanti.
Gantilah Label2: menjadi NILAI UAS guna nya disini untuk pemberi judul pada saat hasil akhir nanti.
Gantilah Label3: menjadi Total Nilai guna nya disini untuk pemberi judul pada saat hasil akhir nanti.
Gantilah Label4: menjadi Keterangan guna ny disini untuk pemberi judul pada saat hasil akhir nanti.
Gantilah Label5: menjadi GRADE guna nya disini untuk pemberi judul pada saat hasil akhir nanti.
mendeskripsikan Total nilai .
Gantilah Label6,Label7,Label8 menjadi kosong guna nya disini untuk hasil codingan nya nanti .
Gantilah Text box 1 dan Text box 2 menjadi kosong guna nya disini untuk memasukkan nilai nanti .
Gantilah Comand button menajadi proses guna nya disini untuk memasukkan codingan nya nanti .
Maka hasil nya akan seperti ini:




Langakh4: Klik pada kotak yang nama nya  proses atau menekan F5 pada keyboard anda!
Langkah5: Masukkan codingan nya seperti dibawah ini,bisa anda lihat hasil nya seperti ini:




^  artinya adalah pemangkatan
*/ artinya adalah perkalian dan pembagian
\ artinya adalah pembagian Interger
Mod artinya adalah Modulus (sisa pembagian)
+- artinya adalah Penambahan pengurangan
+& artinya adalah Penggabungan String
= artinya adalah sama dengan
< > artinya adalah Tidak sama dengan
>    artinya adalah Lebih besar dari
<  artinya adalahLebih kecil dari
>=  artinya adalah Lebih besar dari atau sama dengan
<=   artinya adalah Lebih kecil dari atau sama dengan

If  Kondisi  Then
Perintah yang akan dieksekusi jika kondisi bernilai true
ELSE
Perintah yang akan dieksekusi jika kondisi bernilai false
End If

Langkah6: Massukkan angka 80 pada bagian di samping NILAI UTS dan Memasukkan angka 70 pada bagian di samping NILAI UAS selanjutnya mengklik kotak yang nama nya proses atau menekan F5 pada keyboard anda!
Maka hasil nya akan seperti ini:



Barusan kita telah memasukkan angka 80 pada bagian NILAI UTS dan angka 70 pada bagian NILAI UAS dan langsung di proses makan hasil yang anda dapatkan adalah anda LULUS dengan mendapatkan GRADE B

Langkah7: untuk mengecek apakah program yang kita jalankan ini berjalan dengan baik atau tidak sebaik nya kita masukkan digit angka yang berbeda.
Maka apabila seandainya program kita mengalami permasalahan dalam menerjemahkan nya atau menjalankan program nya kita langsung dapat mengecek kembali pada bagian codingan atu mungkin pada waktu membuat label kita mengalami kesalahan

Langkah8: Massukkan angka 50 pada bagian di samping NILAI UTS dan Memasukkan angka 70 pada bagian di samping NILAI UAS selanjutnya mengklik kotak yang nama nya proses atau menekan F5 pada keyboard anda!
Maka hasil nya akan seperti ini:




Barusan kita telah memasukkan angka 50 pada bagian NILAI UTS dan angka 70 pada bagian NILAI UAS dan langsung di proses makan hasil yang anda dapatkan adalah anda TIDAK LULUS dengan mendapatkan GRADE D
Karena kembali lagi pada codingan kita tadi bahwa untuk mencapai LULUS kita harus mencapai nilai rata-rata nya ,sedangkan total nilai yang di dapat disini 56 sedangkan nilai rata rata nya yang kita ketik pada codingan itu adalah >= 70. Apabila total nilai yang kita dapat di bawah rata-rata maka kita TIDAK LULUS dan mendapat GRADE yang sangat minim dan apabila total nilai kita diatas rata-rata makan kita di nyatakan LULUS dan GRADE nya sangat baik
Apabila program telah berjalan dengan lancar maka berarti program bisa di pergunakan sebagi mana mestinya,selesai----


Komentar

Postingan Populer